KILAS

PGN dan PHRI Sepakat Kerja Sama Pemanfaatan Energi Gas

Kompas.com - 07/08/2019, 20:15 WIB
Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar dan Ketua Umum PHRI Hariyadi Budi Santoso Sukamdani melakukan penandatangan MoU di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (7/8/2019). Humas PGNDirektur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar dan Ketua Umum PHRI Hariyadi Budi Santoso Sukamdani melakukan penandatangan MoU di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk ( PGN) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI) sepakat melakukan kerja sama pemanfaatan energi gas.

Sebagai informasi, kerja sama tersebut meliputi penyediaan gas bumi serta Information and Communication Technology (ICT) untuk hotel dan restoran.

Seiring berjalannya waktu, nantinya bentuk kerja sama akan berkembang menyasar sektor-sektor penting industri pariwisata di Indonesia.

Adapun penandatangan nota kesepemahaman (MoU) dilakukan oleh Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar dan Ketua Umum PHRI Hariyadi Budi Santoso Sukamdani di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: PGN dan Pertagas Bersinergi, Seperti Apa Perannya?

Syahrial mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud komitmen PGN untuk terus meningkatkan pemanfaatan energi baik gas bumi di dalam negeri.

“Kami (PGN) berharap kerja sama dengan PHRI dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kedua belah pihak,” ucap dia sesuai rilis yang Kompas.com terima.

Ke depan, Syahrial berharap semakin banyak banyak hotel dan restoran yang dapat memanfaatkan energi baik gas bumi yang dinilainya lebih aman, efisien, serta ramah lingkungan.

"Sesuai MoU, dalam jangka satu tahun akan dijalankan aktivitas agar pemanfaatan gas bumi bagi para anggota PHRI dapat terwujud," tutup Syahrial.

Baca juga: Dengan Berkolaborasi, PGN Yakin Penuhi Kebutuhan Energi Baik

Di sisi PHRI, Hariyadi berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi setiap hotel dan restoran di Indonesia, serta dapat membantu pemerintah mengurangi ketergantungan energi impor.

“Tak dapat dimungkiri, energi menjadi fokus bersama anggota PHRI,” ujar Hariyadi.

Menilik keanggotaan PHRI, saat ini setidaknya 44.000 hotel dan restoran tergabung dalam organisasi tersebut. Dari angka itu, 29.000 di antaranya merupakan hotel dan 15.000 restoran.

Hingga periode Juni 2019, PGN telah melayani kebutuhan gas 370 hotel dan restoran di Jabodetabek, Cirebon, Medan, Palembang, Lampung, Surabaya, Sidoarjo dan Batam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X