Harga Emas Dunia Diprediksi Terus Kinclong hingga Setahun ke Depan

Kompas.com - 08/08/2019, 12:52 WIB
Ilustrasi emas SHUTTERSTOCKIlustrasi emas

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga emas dunia diprediksi terus menguat antara enam hingga 12 bulan ke depan. Kondisi ini dipicu oleh sejumlah faktor global dan emas diuntungkan oleh situasi tersebut.

"Dunia saat ini dalam kondisi yang genting dan emas memperoleh keuntungan dari situasi semacam ini," kata Howie Lee, ekonom OCBC di Singapura seperti dikutip dari CNBC, Kamis (8/8/2019).

Pada penutupan perdagangan Rabu (7/8/2019) waktu setempat, harga emas berada pada level 1.495 dollar AS per ounce troi di Asia. Dalam sehari, harga emas naik hampir 12 dollar AS.

Menurut Lee, harga emas dunia bakal segera mencapai level 1.500 dollar AS per ounce troi.

Baca juga: Hari Ini, Harga Emas Antam Dipatok Rp 753.000 per Gram

"Kami melihat adanya paduan yang sempurna, suku bunga rendah, dollar AS dalam posisi melunak, perang dagang, dan ketegangan geopolitik di sepanjang Teluk Persia," sebut Lee.

Ia menuturkan, serangkaian risiko tersebut telah mendorong harga emas melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari 6 tahun. Lee mengungkapkan, investor merasa tidak pasti dengan tren ekonomi global jangka pendek dan cenderung beralih ke aset dengan risiko rendah.

"Mereka mengucurkan modal mereka ke emas," ucap Lee.

Baca juga: Harga Emas Dunia Kembali Naik, Ini Sebabnya

Adapun beberapa risiko yang mendorong harga emas kian cemerlang antara lain pengenaan tarif tambahan oleh AS terhadap produk-produk impor asal China yang akan berdampak pada ekonomi global. Pasalnya, sebagian besar produk yang terkena tarif tambahan langsung berpengaruh pada konsumen.

Ketika ditanya apakah harga logam mulia lainnya juga ikut terdongkrak, seperti perak dan platinum, Lee memprediksi emas akan tetap menjadi primadona.

"Emas akan tetap menjadi favorit di antara logam mulia lainnya karena murni digunakan sebagai aset lindung nilai," ucap Lee.



Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X