Saham Garuda Indonesia Melesat Tinggi, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 08/08/2019, 18:09 WIB
Ilustrasi Garuda Indonesia Garuda IndonesiaIlustrasi Garuda Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) melesat tinggi pada perdagangan hari ini, Kamis (8/8/2019).

Hingga penutupan perdagangan, harga saham GIAA naik 17,44 persen ke level Rp 505 per lembar saham. Bahkan, harga saham GIAA sempat menyentuh level Rp 530 per lembar saham pada hari ini.

Analis Paramitra Alfa Sekuritas Evan Fajrin meredanya polemik kasus laporan keuangan masksapai penerbangan pelat merah ini menjadi salah satu sentimen positif yang membuat pergerakan saham GIAA meroket hari ini.

"Dari pihak Garuda sendiri pun sudah mematuhi sanksi sanksi yang diterima untuk menyajikan kembali laporan keuangan tahun 2018 dan telah membayar denda maka menurut saya sih cukup wajar ya," ujar dia kepada Kompas.com, Kamis (8/8/2019).

Baca juga: Sahamnya Turun Pasca Revisi Keuangan, Ini Tanggapan Garuda Indonesia

Selain itu, Garuda juga baru saja merilis laporan keuangan semester I-2019 dengan kinerja yang cukup positif.

Sepanjang semester I-2019 Garuda membukukan laba sebesar 24,11 juta dollar AS setelah pada periode yang sama tahun lalu mencatatkan kerugian senilai 116,85 juta dollar AS. Pendapatan meningkat sebesar 9,74 persen secara tahunan menjadi 2,19 miliar dollar AS dari sebelumnya sebesar 1,99 miliar dollar AS.

Di sisi Garuda berhasil melakukan efisiensi pada beban usaha yang mengalami penurunan sebesar 2 persen menjadi 2,10 miliar dollar AS dari sebelumnya pada periode yang sama pada tahun lalu sebesar 2,14 miliar dollar AS.

Adapun sebelumnya, saham Garuda sempat terseok lantaran investor melakukan aksi jual setelah perseroan terbukti memoles laporan keuangan 2018.

Baca juga: Laporan Keuangan Direvisi, Saham Garuda Indonesia Menukik

Adapun hari ini, volume perdagangan saham GIAA mencapai 249,24 juta senilai Rp 121,35 miliar.

Akumulasi beli bersih (net buy) asing tercatat mencapai Rp 287,21 juta. Sejak awal tahun hingga perdagangan hari ini, harga saham GIAA sudah mencatatkan peningkatan hingga 69,46 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X