Jadi Presdir Perempuan di Bank Swasta Tertua di Indonesia, Ini Cerita Parwati Surjaudaja

Kompas.com - 08/08/2019, 18:41 WIB
Presdir OCBC NISP  Parwati Surjaudaja KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENAPresdir OCBC NISP Parwati Surjaudaja

JAKARTA, KOMPAS.com - Parwati Surjaudaja telah menjabat sebagai Presiden Direktur Bank OCBC NISP (Tbk) sejak tahun 2008.

Kariernya sebagai bankir pun telah berjalan selama 29 tahun setelah dirinya ditarik oleh sang Ayah Karmaka Surjaudaja untuk menduduki kursi direktur yang menangani audit, keuangan dan perencanaan strategis.

Baik ketika dirinya menjabat sebagai direktur, maupun kala dirinya menduduki kursi Presiden Direktur, belum banyak puncuk kepemimpinan perusahaan yang dipegang oleh perempuan, termasuk di dunia perbankan.

Baca juga: Dua Pilot Perempuan Asal Papua Tak Pakai Jalur Khusus Masuk Garuda Indonesia

Dia pun mengenang masa-masa awal dirinya menduduki kursi tertinggi di bank swasta tertua di Indonesia tersebut.

"Kalau ingat 9 tahun yang lalu di BI keluar lift, isinya bapak-bapak pakai jas, ibu-ibu sangat bisa dihitung dengan jari," ujar Parwati di Menara Kompas, Kamis (8/8/2019).

Namun kini, dirinya mengakui sudah terjadi perubahan yang cukup besar. Meski secara persentase, jumlah perempuan yang menduduki porsi strategis di perusahaan-perusahaan besar belum cukup banyak.

Baca juga: Perempuan Wajib Berinvestasi, Ini Sebabnya

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X