Jangan Biarkan Gaya Hidup Bikin Anda Bangkrut

Kompas.com - 08/08/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi bangkrut. SHUTTERSTOCK/INJParin Ilustrasi bangkrut.

NEW YORK, KOMPAS.com - Perubahan gaya hidup kerap tak bisa dihindari, sejalan dengan bertambahnya penghasilan. Ujung-ujungnya, Anda malah jadi boros pengeluaran.

Meski gaji sudah cukup tinggi, namun banyak orang masih hidup hanya bergantung dari gaji yang datang di akhir bulan. Intinya, hidup dari gaji ke gaji.

"(Ketika) seseorang mengalami peningkatan penghasilan, tapi seringkali masih merasa tidak cukup. Karena ketika penghasilan berubah, Anda mengizinkan diri sendiri untuk menghabiskan lebih banyak uang," kata Brian Madgett, head of consumer education di New York Life seperti dilansir dari FOX Business, Kamis (8/8/2019).

Cara belanjanya pun antara lain membeli pakaian dengan harga lebih mahal dari sebelumnya, berlibur, hingga membayar kesenangan-kesenangan dalam hidup.

Baca juga: Ini 3 Kebiasaan Bodoh Milenial yang Bikin Boros Uang

Perilaku belanja semacam itu bisa dengan cepat melilit diri Anda pada utang, jika Anda membiarkan perilaku belanja di atas kemampuan terus terjadi.

"Kita kerap melihat peningkatan kredit konsumsi ketika gaji naik, (karena) kenaikan gaji memberikan kepercayaan diri pada seseorang bahwa 'Hei, saya bisa beli ini. Saya tidak punya uang di tabungan sekarang, tapi saya yakin bisa membayarnya'," jelas Madgett.

Nah, jangan sampai gaya hidup yang sebenarnya berlebihan itu malah membuat Anda bangkrut. Berikut ini sejumlah tips agar Anda dapat mengendalikan gaya hidup dan perilaku belanja.

1. Hitung setiap rupiah

Ketika dalam kondisi tidak punya uang, Anda cenderung bakal memperhatikan setiap rupiah yang Anda punya. Namun, sikap ini akan luntur ketika Anda punya uang.

Tahu-tahu, pengeluaran Anda membeludak dan tidak tahu ke mana larinya uang Anda.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X