Hadapi Uni Eropa, Aturan Teknis Moratorium Sawit Perlu Diterbitkan

Kompas.com - 09/08/2019, 20:51 WIB
Indonesia telah mampu menghasilkan solar campuran nabati atau green diesel dengan kualitas lebih baik. Saat ini Pertamina menghasilkan 12 ribu barel per hari dengan campuran 12,5 persen minyak sawit. Dok. KemenristekdiktiIndonesia telah mampu menghasilkan solar campuran nabati atau green diesel dengan kualitas lebih baik. Saat ini Pertamina menghasilkan 12 ribu barel per hari dengan campuran 12,5 persen minyak sawit.

KOMPAS.com - Pemerintah perlu mempercepat terbitnya peraturan teknis pelaksanaan untuk mendukung Instruksi Presiden No. 8/2018 tentang moratorium izin baru perkebunan kelapa sawit, yang selama ini dianggap multi interpretasi.

Peraturan teknis pelaksanaan tersebut dapat memberi kepastian hukum bagi para pelaku industri kelapa sawit nasional.

Praktisi hukum perkebunan Dentons HPRP Maurice Situmorang berpendapat, moratorium sawit yang ditetapkan pemerintah memfasilitasi survei produksi sawit nasional.

Langkah itu, imbuh dia, sekaligus upaya merangkul keinginan Uni Eropa untuk memastikan bahwa produksi sawit dalam negeri berkelanjutan.

Baca juga: Ada Moratorium Sawit, Darmin Pastikan Pemerintah Tidak Larang Tambahan

Ia menjelaskan, instruksi presiden tersebut tidak dilengkapi dengan peraturan pelaksanaan teknis yang memadai.

Dengan demikian, ia melanjutkan, terjadi ketidakpastian di antara para pelaku industri.

Menurut dia, peraturan itu juga dapat menjadi amunisi pemerintah melawan langkah Uni Eropa.

Sebagai informasi, Uni Eropa berusaha membatasi impor minyak kelapa sawit dari Indonesia dan menerapkan cukai cukup besar kepada para eksportir minyak sawit dari Indonesia.

“Dengan adanya peraturan itu akan menunjukkan bahwa Pemerintah Indonesia tegas dalam upaya menjadikan industri perkebunan sebagai industri yang sustainable dan tetap dalam komitmennya menjaga kelestarian dan keberagaman hutan Indonesia,” kata dia dalam pernyataan tertulis, Jumat (9/8/2019).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X