Ingin Tambah Penghasilan dengan Kerja Sampingan? Perhatikan Tips Ini

Kompas.com - 11/08/2019, 17:08 WIB
Ilustrasi kerja sampingan. SHUTTERSTOCK/BeeboysIlustrasi kerja sampingan.

NEW YORK, KOMPAS.com - Ketika bekerja, ada kalanya penghasilan yang diterima dari perusahaan tidak mencukupi besarnya kebutuhan dan biaya hidup.

Akhirnya, kerja sampingan menjadi pilihan. Tidak sedikit pula pegawai yang memilih untuk memiliki usaha kecil-kecilan demi menambah pundi-pundi penghasilan.

Di Amerika Serikat saja, sebuah studi menunjukkan jutaan warga Negeri Paman Sam memiliki pekerjaan sampingan demi menambah penghasilan, sekaligus melakukan hal yang mereka senangi.

Dilansir dari FOX Business, Minggu (11/8/2019), dalam studi yang dilakukan terhadap 2.000 orang pegawai tersebut ditemukan bahwa 27 persen dari mereka mengubah hobi menjadi kerja sampingan. Sementara itu, 55 persen menyatakan bermimpi memiliki kerja sampingan.

Baca juga: Kos-kosan, Bisnis Sampingan yang Menguntungkan untuk Mereka yang Bekerja

"Ekonomi (kerja) sampingan di AS sedang booming, lantaran pegawai semakin mencari kebutuhan finansial, profesional, dan personal yang tidak ditemukan di pekerjaan utama," kata Simon Braier, customer strategy and insights director di Vistaprint.

Adapun pekerjaan sampingan yang paling umum dilakukan para pegawai di AS antara lain di bidang kecantikan dan perawatan diri. Ini termasuk pula profesi seperti ahli diet, personal trainer, dan penata rambut.

Kerja sampingan di bidang seni dan hiburan juga menjadi pilihan populer, termasuk menjadi seniman, desainer, hingga DJ.

Studi tersebut juga menemukan bahwa para responden melakukan pekerjaan sampingan antara pukul 5 sore hingga 9 malam. Namun, lebih dari separuh responden bekerja sampingan di akhir pekan.

Baca juga: Gaji Pas-pasan? Coba Buka Usaha Sampingan Ini

Nah, bagaimana melakukan kerja atau usaha sampingan dengan sukses? Berikut ini sejumlah tips berguna bagi Anda.

  • Mulai dengan sesuatu yang telah Anda nikmati ketika melakukannya
  • Fokus pada tugas-tugas yang mendatangkan pendapatan
  • Bangun kehadiran yang kuat di media sosial
  • Pasang target jangka panjang
  • Lakukan 'pemasaran' dari mulut ke mulut
  • Bangun jejaring dengan orang-orang yang telah sukses

"Untuk menumbuhkan usaha sampingan, Anda perlu berpikir dan bertindak seperti wirausahawan tulen. Ini juga berarti Anda harus siap menghadapi kesempatan-kesempatan yang datang menghampiri dan memungkinkan membawa usaha sampingan itu ke tahap berikutnya," tutur Erin Shea, direktur pasar Amerika Utara di Vistaprint.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.