Soal Bisa Kerja dari Rumah, Apa Kata PNS?

Kompas.com - 12/08/2019, 07:35 WIB
Ilustrasi: Pegawai negeri sipil (PNS) KONTAN/FRANSISKUS SIMBOLON Ilustrasi: Pegawai negeri sipil (PNS)

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah membuat sistem kerja PNS yang fleksibel diantaranya bisa bekerja dari rumah, disambut hangat dari para pegawai disejumlah kementerian dan lembaga pemerintahan.

Puruhum misalnya, salah satu pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, menilai rencana PNS bisa kerja dari rumah merupakan ide yang bagus.

"Kalau untuk saya, manfaatnya mungkin akan sangat baik selama ada infrastruktur yang mendukung," ujarnya kepada Kompas.com, Jakarta, Minggu (11/8/2019).

"Kerja bisa lebih mobile dan fleksibel. Bisa jadi kualitas kerjanya menjadi lebih meningkat," sambung dia.

Baca juga: Tak untuk Semua PNS, Posisi Apa Saja yang Bisa Kerja di Rumah?

Namun merealisasikan rencana itu bukan perikara mudah. Sebab dibutuhkan infrastruktur teknologi yang memadai beserta PNS-PNS yang sangat melek teknologi.

Tanpa dukungan teknologi yang memadai di rumah dan pengetahuan PNS yang cukup kata dia, rencana pemerintah itu akan sulit untuk direalisasikan.

Destrirani salah satu pegawai Kementerian Perhubungan juga menyambut baik rencana pemerintah membuat cara kerja PNS bisa lebih fleksibel.

Ia menilai cara kerja tersebut bisa diterapkan untuk pegawai-pegawai yang bekerja di bidang administratif dan perizinan.

"Yang penting aturan birokrasinya jelas dan mendukung, terutama untuk jaga kinerja dan akuntabilitas PNS," kata dia.

"Punya target yang jelas juga, jangan sampai masyarakat malah mempertanyakan kinerja PNS kalau kerja dari rumah," sambungnya.

Baca juga: PNS Bisa Bekerja di Rumah, Pemerintah Ingin Tiru Kesuksesan Australia

Seperti halnya Puruhum, Destri juga menilai titik krusial untuk menerapkan rencana pemerintah itu ada di kesiapan teknologi.

Ia mengatakan perlu ada standar teknologi yang sama sehingga konektivitas rumah dan kantor tidak terputus saat layanan administratif dan perizinan berjalan.

Tidak hanya kementerian atau lembaga pemerintah pusat saja, namun juga teknologi di kantor birokrasi daerah hingga rumah-rumah pegawai negeri sipilnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X