Unjuk Rasa Rambah Bandara, Semua Penerbangan di Hong Kong Dibatalkan

Kompas.com - 12/08/2019, 17:21 WIB
Seorang pengunjung melihat massa pengunjuk rasa yang melakukan aksi duduk di aula kedatangan Bandara Internasional Hong Kong, Jumat (9/8/2019). AFP / ANTHONY WALLACESeorang pengunjung melihat massa pengunjuk rasa yang melakukan aksi duduk di aula kedatangan Bandara Internasional Hong Kong, Jumat (9/8/2019).

HONG KONG, KOMPAS.com - Seluruh penerbangan keluar Hong Kong pada hari Senin (12/08/2019) telah dibatalkan karena adanya gangguan berupa ribuan pengunjuk rasa telah menduduki bandara.

Menurut otoritas Bandara Internasional Hong Kong, semua penerbangan sore hari waktu setempat, telah dibatalkan.

"Namun hal ini tidak berlaku untuk penerbangan yang telah melakukan proses check-in dan penerbangan yang sudah dalam tujuan menuju Hong Kong. Pembatalan penerbangan hanya berlaku terhadap penerbangan yang belum melakukan proses check-in," kata otoritas bandara Internasional Hong Kong yang dikutip dari CNBC, Senin.

Jalanan menuju bandara juga tersendat dan parkiran di bandara pun sudah penuh akibat banyaknya demonstran yang datang ke bandara untuk melakukan unjuk rasa.

Situasi bandara internasional Hong Kong setelah aksi unjuk rasa di aula kedatangan pada 26 Juli 2019. Tampak sejumlah catatan yang ditempelkan para pengunjuk rasa di dekat papan pengumuman keberangkatan.AFP / ANTHONY WALLACE Situasi bandara internasional Hong Kong setelah aksi unjuk rasa di aula kedatangan pada 26 Juli 2019. Tampak sejumlah catatan yang ditempelkan para pengunjuk rasa di dekat papan pengumuman keberangkatan.

Demonstrasi yang dilakukan oleh kelompok anti-pemerintah ini, sudah berlangsung selama empat hari berturut-turut di Pulau Lantau, yang merupakan salah satu bandara tersibuk di seluruh dunia.

Demonstrasi yang berlangsung di Hong Kong berawal dengan menentang kebijakan UU Ekstradisi. Namun demikian, demonstrasi kemudian berkembang menjadi tuntutan kebebasan demokrasi dari China.

Demonstrasi itu menjadi ancaman terbesar bagi pemerintah China sejak mereka mendapat kota tersebut yang awalnya adalah koloni Inggris pada 1997 silam.

Sebelumnya, saham maskapai penerbangan Hong Kong Cathay Pacific menukik lebih dari 4 persen pada perdagangan hari ini, Senin. Penurunan saham Cathay Pacific hari ini mendekati level terendah dalam 10 tahun.

Baca juga: Pecat Pilot yang Unjuk Rasa di Hong Kong, Saham Cathay Pacific Menukik

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X