Rekan Kerja Dapat Gaji Lebih Tinggi, Ini yang Sebaiknya Anda Lakukan

Kompas.com - 13/08/2019, 11:11 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCK Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membicarakan gaji dengan rekan kerja seolah menjadi sesuatu yang dihindari. Namun tahukah Anda, membicarakan soal gaji dengan teman-teman kerja jsutru akan membuat sebuah transparansi di lingkungan kerja.

Lalu bagaimana bila mengetahui rekan kerja yang memiliki posisi dan kualifikasi yang sama dengan Anda ternyata mendapat gaji yang lebih besar? 

Hal itu tentu bisa membuat Anda kesal bahkan cemburu. Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Baca juga: Fast & Furious: Hobbs & Shaw Segera Tayang, Berapa Gaji The Rock dan Jason Statham?


Dikutip dari CNBC, Selasa(13/8/2019), berikut adalah lima kesalahan yang harus Anda hindari ketika membicarakan kenaikan gaji dengan bos Anda.


1. Jangan bertindak saat kesal

Kekesalan adalah sesuatu yang wajar dan dapat dipahami, namun bertindak saat kesal malah akan memperburuk keadaan. Karena Anda akan terlihat tidak profesional.

Selain itu bertidak saat kesal akan membuat anda lupa untuk memikirkan detail apa saja yang seharusnya dibicarakan pada bos Anda.

Sebaiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk memproses informasi yang baru anda terima dan menenangkan emosi Anda. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah saya berhak mendapatkan kenaikan gaji?

Jika jawabannya ya, beri tahu atasan anda bahwa Anda ingin menyisihkan waktu untuk membahas soal gaji Anda. Penting untuk menjelaskan topik pertemuan agar mereka siap untuk menjawabnya.

Baca juga: Viral Tolak Gaji Rp 8 Juta, Ditjen Pajak Bikin Hitungan Pajaknya

2. Jangan menyebutkan nama atau angka secara spesifik

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X