Fintech dengan Tenor Panjang Akan Semakin Dicari

Kompas.com - 13/08/2019, 12:06 WIB
Ilustrasi Fintech thinkstockphotosIlustrasi Fintech

BANDUNG, KOMPAS.comFinancial technology ( fintech) semakin populer. Persyaratan yang mudah dan proses pencairan cepat membuat fintech semakin digandrungi.

Hal tersebut diakui perusahaan fintech, Tunaiku. Managing Director Tunaiku, Vishal Tulsian mengatakan, tren ke depan, pembiayaan fintech dengan tenor panjang akan semakin dicari.

"Karakter pinjaman seperti ini diperlukan oleh pelaku usaha mikro untuk kebutuhan modal usaha," ujar Vishal di Bandung, Selasa (13/8/2019).

Vishal menjelaskan, saat ini jumlah debitor Tunaiku diprediksi lebih dari 300.000 di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 43.000 di antaranya meminjam untuk modal usaha, terutama untuk pengusaha mikro.

Baca juga: Ingin Pinjam Uang lewat Fintech Online, Ikuti 3 Prinsip Ini

Pembiayaan modal usaha tersebut, biasanya membutuhkan waktu pinjaman yang relatif panjang. Perusahaannya dinilai cocok untuk menjawab kebutuhan modal pelaku usaha mikro.

Di Bandung, Tunaiku sudah menyalurkan sekitar Rp 25 miliar pembiayaan bagi sekitar 3.000 debitur. Sebagian di antaranya adalah pelaku usaha mikro.

"Sektor usahanya macam-macam, mulai dari kuliner sampai fesyen, mulai dari produksi hingga perdagangan. Kami tidak membatasi sektor usaha calon peminjam," ucapnya.

Baca juga: Sebelum Ajukan Pinjaman Online, Cek Fintech yang Terdaftar di OJK

Sementara itu, Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Barat (Jabar), Iwan Gunawan mengatakan, fintech makin digandrungi beberapa kalangan, termasuk usaha mikro.

Hal ini karena persyaratannya mudah, proses pencairan cepat, dan pemasaran yang dilakukan fintech dinilai masif.

Iwan menjelaskan, untuk pengusaha mikro, mereka dikenal tidak memiliki kolateral, membuat fintech menjadi alternatif pembiayaan.

Ke depan, ia melihat tren fintech akan semakin meningkat. Walaupun tidak bisa dipungkiri, terdapat nasabah yang mengeluhkan cara penagihan fintech.

“Namun, fintech mampu menjawab kebutuhan akan pembiayaan pelaku usaha mikro dengan beragam keterbatasan yang mereka miliki. Meskipun bunganya besar," pungkasnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X