Fresh Graduate Ingin Cepat Dapat Kerja, Lakukan 6 Hal Ini

Kompas.com - 13/08/2019, 14:29 WIB
Ilustrasi wawancara kerja fizkesIlustrasi wawancara kerja

NEW YORK, KOMPAS.com - Kamu yang merupakan fresh graduate atau baru saja lulus kuliah pastilah ingin segera masuk ke jenjang profesional.

Akan tetapi, melamar pekerjaan kadang bukan hal yang mudah. Apalagi hingga tahap wawancara kerja dan akhirnya diterima di pekerjaan atau perusahaan yang diinginkan.

Baca juga: Viral Tolak Gaji Rp 8 Juta, Ini yang Harus Diperhatikan Fresh Graduate

Nah, berikut ini adalah 6 hal yang harus dilakukan lulusan baru agar cepat mendapatkan pekerjaan, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (13/8/2019).

1. Prioritaskan koneksi

Pakar karier dari TopResume Amanda Augustine menjelaskan, kamu harus mengidentifikasi koneksi yang diperoleh dari perusahaan tempat magang atau bekerja sebelumnya ketika masih kuliah. Augustine juga menyarankan tetap kontak dengan teman-teman yang sudah terlebih dahulu bekerja.

"Koneksi alami dari jejaring personalmu seringkali dapat mengenalkanmu kepada orang-orang relevan di luar lingkaran sosial yang dapat bernilai ketika mencari pekerjaan," kata Augustine.

 

2. Jangan lupakan almamater

Ilustrasi WisudaShutterstock Ilustrasi Wisuda

Sebuah studi yang dilakukan Alumnifire, platform jejaring alumni, menemukan bahwa 90 persen manajer HR lebih memilih untuk merekrut orang yang satu almamater dengan dia jika dimungkinkan.

Untuk mencari alumni yang bekerja di bidang yang kamu inginkan, gunakan jejaring sosial profesional LinkedIn untuk memudahkan pencarian. Jika kamu menemukan alumni yang terhubung dengan perusahaan atau industri yang kamu inginkan, beranikan diri untuk mengontak dia.

Secara singkat, sebutkan bahwa kamu kuliah di universitas yang sama dengannya sebagai awal pembicaraan.

 

3. Bergabung dengan organisasi

Di kampus, ada banyak kelompok dan klub yang terbuka untukmu. Kamu pun pasti tergabung dalam kelompok atau klub tertentu, baik bidang akademis, hobi, olahraga, hingga kepemimpinan.

Jangan ragu tetap terhubung dengan para anggotanya untuk memudahkan pencarian kerja. Setelah lulus, kamu juga bisa bergabung dengan sejumlah organisasi yang memiliki minat yang sama denganmu.

"Semakin besar jejaringmu, maka akan semakin mudah untuk menemukan dan terhubung dengan orang-orang yang bisa membantumu meraih pekerjaan impian," ucap Augustine.

 

4. Kembangkan kemampuan profesional

Kamu bisa mulai mengembangkan kemampuan profesional dengan memanfaatkan wawancara yang bersifat informasional. Ini bisa berarti wawancara kerja biasa, dengan tujuan memperoleh informasi mengenai bidang yang kamu inginkan atau perusahaan spesifik.

Dengan demikian, kamu akan menjadi kandidat yang sesuai dengan tuntutan pasar.

Kamu juga bisa menghadiri seminar, konferensi, atau mengikuti kursus online gratis di platform seperti Coursera, edX, atau Skillshare. Tujuannya adalah untuk mengembangkan keterampilan baru sekaligus meningkatkan peluang untuk direkrut.

 

5. Pertimbangkan freelance

Ilustrasi bekerja freelance.SHUTTERSTOCK Ilustrasi bekerja freelance.

Apakah misalnya bekerja di lembaga nirlaba atau bekerja lepas alias freelance, ada banyak pengalaman yang bisa kamu peroleh tanpa harus bekerja penuh terlebih dulu. Namun, pengalaman-pengalaman ini pasti bakal memperkaya CV kamu.

Selain itu, pengalaman-pengalaman ini juga bisa membuka jalan bagi kesempatan kerja yang lebih luas.

 

6. Perbaiki CV

Ilustrasi CVSHUTTERSTOCK Ilustrasi CV

"Kamu harus memandang CV sebagai dokumen pemasaran yang isinya disusun secara cermat berdasarkan tujuan-tujuan profesionalmu, ketimbang hanya risalah pengalaman kerja dan pendidikan," ujar Augustine.

Dengan pola penyusunan CV semacam itu, maka CV-mu akan mudah masuk dalam sistem pelacakan kandidat yang digunakan oleh sejumlah perusahaan. Sistem dan cara kerja ini menyortir CV dan memilih kandidat dengan cara mencari kata kunci terkait posisi yang dilamar.

Agar CV kamu dilirik oleh perusahaan, maka pastikan kamu menyusun CV dengan langsung fokus pada kualifikasi yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.



Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X