Menerjemahkan Kondisi Pesisir Karawang Saat Ini

Kompas.com - 13/08/2019, 17:43 WIB
Konferensi Pers mengenai upaya penanganan peristiwa di anjungan YYA-1 PHE ONWJ.KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Konferensi Pers mengenai upaya penanganan peristiwa di anjungan YYA-1 PHE ONWJ.

JAKARTA, KOMPAS.com – “Sejak kejadian (12/7/2019), kami optimalkan upaya penanganan. Harapannya, dampak dari peristiwa ( tumpahan minyak atau oil spill di perairan Karawang) dapat ditekan sekecil-kecilnya,”.

Ujaran itu setidaknya diulang tiga sampai empat kali oleh Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu di hadapan wartawan selama konferensi pers yang diadakan di kantor pusat Pertamina Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Pada kesempatan itu Dharmawan menegaskan bahwa Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java ( PHE ONWJ) berkomitmen tinggi dan serius dalam upaya penanganan atas kejadian pada sumur di lepas pantai Karawang, yakni YYA-1 ONWJ.

Dharmawan menyebutkan, saat ini, upaya mereka dioptimalkan pada penanganan di offshore (laut). Dengan begitu, pihaknya yakin dapat menekan dampak pada onshore (darat).

Dharmawan tak sendiri. Hadir bersamanya, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Meidawati, juga Incident Commander Taufik Aditiyawarman.

"Kami prihatin dengan kejadian ini. Tapi, komitmen kami untuk menyelesaikan dan melakukan penanganan secara intensif memang serius kami lakukan. Mohon doanya," ujar Dharmawan.

Sedangkan Incident Management Team yang dipimpin oleh Taufik sebagai Incident Commander, memang dibentuk khusus oleh PHE ONWJ untuk dapat menangani peristiwa itu dengan lebih cepat.

Taufik, hari itu ikut memaparkan duduk perkara dan kondisi teranyar dari pesisir Karawang.

Lewat data yang dirangkum dalam gambar grafik, angka, dan juga tabel, Taufik mencoba mengungkap bagaimana ia dan tim melakukan penanganan dalam insiden tumpahan minyak tersebut.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorLatief
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X