Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Luhut Ingin "Paksa" Kementerian Hingga BUMN Beli Motor Listrik

Kompas.com - 13/08/2019, 19:14 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sudah melaporkan satu ide kepada Presiden Joko Widodo agar motor listrik buatan Indonesia berkembang.

Ide tersebut yakni dengan mewajibkan kementerian atau lembaga yang akan melalukan pengadaan sepeda motor, membeli motor listrik buatan anak bangsa.

"Kita wajib kan aja motor listrik buatan Indonesia Gesit atau apalah sehingga dengan begitu kelihatan (keberpihakan pemerintah)," ujarnya dalam acara Indonesianisme Summit 2019, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Menurut dia, keberpihakan pemerintah kepada hasil teknologi anak bangsa sangat penting sehingga teknologi tersebut bisa berkembang.

Bahkan tidak hanya kementerian atau lembaga, Luhut juga akan "memaksa" BUMN untuk menjajal dan ikut mengembangkan hasil pengembangan teknologi anak bangsa tersebut.

Rencana itu dapatkan setelah melihat teknologi anak bangsa yang ditampilkan dalam seminar Indonesianisme Summit 2019, salah satunya yakni motor listrik Gesit.

"Saya sudah bilang tadi sama Pak Ridwan (Deputi Kemenko Kemaritiman) untuk nanti saat sosialisasi TKDN, ini kita minta apa mungkin tanda kutip kita wajibkan BUMN-BUMN bisa memakai teknologi itu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com