Tiba-tiba Punya Masalah Uang Saat Liburan? Coba Lakukan ini

Kompas.com - 14/08/2019, 09:31 WIB
Ilustrasi liburanGetty Images/iStockphoto Ilustrasi liburan

KOMPAS.com - Bukan rahasia umum jika salah satu kunci utama agar bisa berlibur adalah punya bujet cukup. Tanpa bujet yang memadai, Anda pasti akan menghadapi kesulitan untuk memenuhi semua kebutuhan saat berlibur.

Pastinya, dana yang telah Anda siapkan harus mampu untuk membayar biaya transportasi, penginapan, konsumsi, hingga keperluan lainnya. Dengan begitu, rencana liburan Anda akan dapat berjalan dengan lancar.

Meski segala kebutuhan telah siap, jika kurang berhati-hati selama berlibur, finansial bisa menjadi masalah besar yang dapat menimpa Anda. Musibah seperti kehabisan uang atau bahkan menjadi korban tindak kriminal seperti pencurian tentunya akan menjadi mimpi buruk bagi para traveller.

Apabila tindakan preventif yang telah disiapkan tidak dapat menyelamatkan diri dari masalah finansial saat liburan, Anda tidak perlu panik karena semua masalah pasti ada penyelesaiannya.

Dinginkan kepala, tenangkan pikiran, dan mulailah menyusun rencana untuk membebaskan diri dari masalah tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mencari solusi terbaik dalam menghadapinya.

Nah, bila tiba-tiba Anda menghadapi masalah keuangan saat berlibur, coba lakukan cara ini biar liburan tetap berjalan menyenangkan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jual Sebagian Barang yang Kurang Diperlukan

Dalam kondisi terdesak dan membutuhkan uang ketika berada di tempat liburan, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menjual sebagian barang bawaan Anda. Mintalah saran pada pegawai hotel tempat Anda menginap atau masyarakat sekitar mengenai tempat terbaik untuk menjual barang, seperti pakaian atau gadget dan lainnya.

Karena hal yang menjadi fokus adalah untuk mendapatkan uang, maka Anda tidak perlu berekspektasi untuk bisa mendapatkan harga jual yang tinggi. Asalkan Anda bisa mendapat uang untuk mengatasi masalah finansial ketika liburan, itu sudah cukup, bukan?

2. Kerja Paruh Waktu atau Menjual Keterampilan Diri

Ketika Anda tidak dapat melakukan cara yang telah disebutkan di atas, ada satu hal lain yang bisa dilakukan, yaitu, melamar menjadi pekerja paruh waktu. Meski tidak gampang untuk dilakukan, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Datangi saja restoran, café, atau toko dan ajukan diri Anda sebagai pekerja part-time. Hotel atau penginapan tempat Anda bernaung sementara juga dapat menjadi tempat untuk mendapatkan peluang bekerja paruh waktu.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X