Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng 20 Universitas, Pupuk Indonesia Gelar Program Magang

Kompas.com - 14/08/2019, 20:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Indonesia (Persero) melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang telah dimulai sejak awal 2019. Tujuannya untuk membentuk SDM dengan kualitas unggul.

Terkait program magang ini, perseroan menyepakati kerja sama dengan 20 universitas. Hal ini diungkapkan oleh Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia Winardi.

20 universitas tersebut yakni Institut Pertanian Bogor, Politeknik Negeri Malang, Universitas Bina Nusantara, Politeknik Jambi, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Negeri Lhokseumawe, dan Universitas Negeri Semarang.

Kemudian, Universitas Proklamasi 45, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (LSPR), Politeknik Negeri Samarinda, Universitas Pertamina, Universitas Malikussaleh, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Universitas Trisakti, Universitas Pancasila, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Al Azhar Indonesia, STMIK Nusa Mandiri, Politeknik Negeri Jakarta, serta Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Magang di 10 Perusahaan Teknologi Ini, Gaji Bisa Rp 100 Juta Lebih

Winardi mengatakan, kerja sama ini juga menjadi langkah nyata link and match kurikulum PTN & PTS dengan kebutuhan industri.

“Program magang bersertifikat ini adalah implementasi bagi pengelola dan praktisi manajemen human capital di lingkungan BUMN untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa yang unggul dan berdaya saing global,” kata Winardi dalam keterangannya, Rabu (14/8/2019).

Pada batch 1, program PMMB di Pupuk Indonesia Grup telah dilaksanakan dengan peserta sebanyak 155 mahasiswa dari berbagai universitas. Lalu, pada batch 2, akan diikuti oleh 141 mahasiswa dari 132 perguruan tinggi.

Baca juga: 5 Perusahaan Ini Menggaji Pekerja Magang hingga Puluhan Juta Rupiah Per Bulan

Para peserta akan menjalani program magang di Pupuk Indonesia dan di enam anak usaha antara lain PT Pupuk KalimantanTimur, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Kujang, PT Pusri Palembang dan PT Rekayasa Industri.

Secara total, program PMMB telah dilaksanakan oleh 121 BUMN dan telah menyerap 6113 mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Kementerian BUMN pun menargetkan dapat menyerap 21.000 mahasiswa pada 2020 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com