Transaksi Kartu GPN Tembus Rp 6,21 Triliun hingga Juli 2019

Kompas.com - 15/08/2019, 16:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia terus mendorong implementasi sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Pada Juli 2019, bank sentral mencatat pertumbuhan transaksi dengan kartu berlogo GPN telah mencapai 44 persen (yoy).

“Jumlah pertumbuhan tersebut dicapai dari nilai transaksi pada Juli 2019 sebesar Rp 6,21 triliun dengan jumlah transaksi mencapai 13,6 juta kali,” kata Sugeng di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Sedangkan hingga saat ini, Sugeng bilang jumlah pemegang kartu debit berlogo garuda merah ini telah mencapai 36,7 juta orang. Jumlah tersebut setara sepertiga pemegang kartu debit di Indonesia.

Baca juga: Visa: Belum Ada Dampak Penurunan akibat GPN

Sementara dari data Bank Indonesia sepanjang Januari-Juni jumlah transaksi debit mencapai 3,4 miliar kali dengan pertumbuhan 11,71 persen (yoy) dibandingkan periode serupa tahun lalu sebanyak 3,08 miliar kali.

Sedangkan nilainya mencapai Rp 3.705 triliun, tumbuh 11,56 persen (yoy) dari periode tahun lalu senilai Rp 3.321 triliun.

Sugeng juga ikut mengapresiasi komitmen dari penerbit kartu debit asing untuk bergabung dalam sistem GPN.

Baca juga: Ada GPN, 2 Perusahaan AS Ini Berpotensi Kehilangan Rp 5,7 Triliun

Terkait hal ini Mastercard jadi pionir, lantaran baru saja menandatangani kerjasama dengan PT Artajasa Pembayaran Elektronis untuk memproses transaksi kartu debit berlogo mastercard di sistem GPN.

"Kerjasama dan sinergi lebih lanjut antar pelaku industri sistem pembayaran di Indonesia dari Artajasa dan Mastercard kami pandang sebagai hal yang penting untuk dapat membuat sistem pembayaran di Indonesia lebih maju dan mampu mengadopsi mekanisme dan pengelolaan international best practice," lanjutnya. (Anggar Septiadi)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Transaksi kartu GPN tembus Rp 6,21 triliun hingga bulan Juli

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.