Megawati Institute Dukung BKPM dan Bekraf Jadi Kementerian

Kompas.com - 15/08/2019, 20:11 WIB
Direktur Eksekutif Megawati Institute, Arif Budimanta saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (15/8/2019).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Direktur Eksekutif Megawati Institute, Arif Budimanta saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Megawati Institute Arif Budimanta mendukung rencana Presiden Joko Widodo yang ingin membentuk dua kementerian baru. Kedua kemeterian itu adalah, Kementrian Investasi dan Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif.

Saat ini, kedua kementerian tersebut masih berbentuk lembaga, yakni Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM) dan Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf).

“Yang pertama memang mau tidak mau pada saat ini backbone ekonomi kita digital. Transaksi keuangan juga berkembang begitu cepat dengan berbasis digital. Jadi langkah, atau wacana untuk mengexercise, penyatuan antara investasi dengan digital menurut saya itu positif,” ujar Arif di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Baca juga: Dua Lembaga Ini Akan Naik Status Menjadi Kementerian?

Menurut Arif, pemerintah perlu fokus dalam mengembangkan industri kreatif dan industri digital dalam negeri.

“Jadi, di negara lain sudah ada. Intinya ditujukan untuk membangun satu hub, di Thailand itu e-commerce dan digital ekonomi jadi fokus dari pemerintah. Tapi untuk dalam rangka membentuk hub membesarkan umkm dan usaha besar agar bisa kompetisi di level regional,” kata Arif.

Sementara itu, mengenai kenaikan status BKPM menjadi kementerian juga disambur positif Arif. Menurut dia, jika pemerintah ingin meningkatkan perekonomian nasional, perlu mendorong laju investasi di Indonesia.

“Saya rasa sih bagus saja, kalau mau PE kita tumbuh 7 persen kan salah satu penopangnya kita harapkan dari investasi. Investasi yang tentu bukan hanya portofolio, investasi untuk masuk ke dalam sektor rill, direct investment,” ucap Wakil Ketua KEIN itu.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X