Kata Jokowi, Ini Kunci Ekonomi RI Tetap Tumbuh di Tengah Perlambatan Global

Kompas.com - 16/08/2019, 15:11 WIB
IlustrasiSHUTTERSTOCK/ARTHIMEDES Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia harus mampu bertahan di tengah melaambatnya pertumbuhan ekonomi global. Meski negara lain tengah mengalami perlambatan, Indonesia harus tetap tumbuh.

"Saat negara-negara lain ekonominya melambat, ekonomi kita harus mampu tumbuh," ujar Jokowi saat membacakan nota keuangan di kompleks DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi mengatakan, dalam situasi krisis seperti ini, Indonesia harus jeli melihat peluang. Semestinya, kata dia, kesulitan ini dimanfaatkan sebagai kekuatan untuk bangkit dan maju.

Salah satu kuncinya agar ekonomi Indonesia tetap tumbuh di tengah himpitan global ini adalah dengan meningkatkan daya saing nasional.

Baca juga: Naskah Lengkap Pidato Jokowi tentang RAPBN 2020 dan Nota Keuangan

"Dengan bertumpu pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, merupakan modal penting memasuki era ekonomi berbasis digital," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Indonesia sebenarnya memiliki modal awal untuk bersaing di tingkat global.

Jumlah penduduk Indonesia merupakan nomor empat terbesar di dunia. Beberapa tahun lagi merupakan puncak bonus demografi di Indonesia, di mana sebagian besar penduduk Indonesia berusia produktif. Kelas menengah pun tumbuh pesat.

Pemerintah, kata Jokowi, mempersiapkan berbagai program pembangunan SDM untuk memastikan bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan.

"Kita bangun generasi bertalenta yang berkarakter dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi," kata Jokowi.

"Saya yakin dengan fokus pada peningkatan kualitas SDM, Indonesia dapat segera mewujudkan visinya menjadi negara maju," lanjut dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X