PHE ONWJ Buka-bukaan Soal Strategi Penanganan Berlapis di Perairan Karawang

Kompas.com - 16/08/2019, 16:39 WIB
SVP HSSE Korporat Pertamina Lelin Eprianto (Kedua Kiri) Bersama dengan Dirpolairud Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Lotharia Latif (Kiri) saat melakukan Peninjauan di Salah satu Pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta pada Kamis (15/8/2019). Dok Humas Pertamina SVP HSSE Korporat Pertamina Lelin Eprianto (Kedua Kiri) Bersama dengan Dirpolairud Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Lotharia Latif (Kiri) saat melakukan Peninjauan di Salah satu Pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta pada Kamis (15/8/2019).

PULAU SERIBU, KOMPAS.com - Tak sekali, pihak Pertamina Hulu Energy Offshore Nort West Java ( PHE ONWJ) mengutarakan bahwa pengamanan yang mereka lakukan pada laut (offshore) berlapis agar penanganan pada darat (onshore) dapat diminamilisir. Apa maksudnya?

Kompas.com berkesempatan menyusuri perairan Karawang untuk ikut tim Health Safety Security Environment (HSSE) Pertamina yang melakukan pemantauan di wilayan perairan Kepulauan Seribu bersama dengan Polisi Air dan Udara (Polairud).

Perjalanan dilakukan dari Dermaga Tanjung Priok pada Kamis (15/8/2019).

“Jadi inilah rutinitas kami untuk mengupayakan pembersihan ceceran minyak di laut,” buka Senior Vice President HSSE Korporat Pertamina Lelin Eprianto di sela-sela perjalanan, Kamis.

Ia menjelaskan setiap harinya maksimal pada pukul 10.00 pagi, tim di lapangan akan memantau titik genangan minyak dengan alat khusus untuk memudahkan strategi penanganan.

“Nanti ketahuan, ada berapa titik, tepatnya di koordinat berapa lalu tepatnya pakai alat apa. Dari titik itu, kami (tim) tahu bagaimana cara yang tepat menangkap genangannya. Biasanya genangan mengikuti arah angin, nanti kami hadang itu (genangan) lalu disedot,” sambungnya.

Adapun upaya pembersihan intens, kata Lelin lagi, dilakukan sesuai dengan batas zona. Saat ini wilayah terdampak dibagi dalam dua zona.

“Zona satu adalah lokasi yang paling dekat dengan sumur YYA-1 di Kabupaten Karawang. Sedangkan zona dua adalah perairan yang lebih jauh, seperti di Kepulauan Seribu ini,” ujarnya.

Pembentukan dua zona inilah yang dimaksud pengamanan berlapis itu.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X