Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Gandeng E-commerce Untuk Genjot Ekspor

Kompas.com - 16/08/2019, 21:10 WIB
Rina Ayu Larasati,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemendag melalui Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (dirjen PEN) mengajak e-commerce yang ada di Indonesia untuk membantu UMKM dan UKM ekspor hasil barang.

"Ada bimbingan dari sisi kemasan, kemudian coaching program, dari sisi branding banyak program-program yang bisa diberikan untuk UKM" kata dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Dody Edward Jumat (16/08/2019) saat ditemui di Jakarta.

Saat ini coaching program di tahun 2019 sudah diadakan di Jakarta, Semarang dan Bandung, serta diikuti oleh 75 peserta yang menghasilkan 35 eksportir. Program ini sudah berjalan dari tahun 2010 dan sudah berhasil melahirkan 149 eksportir baru.

Sejauh ini sudah ada e-commerce seperti Shopee, Lazada, dan Bukalapak yang terus memberikan edukasi kepada UMKM yang ada di kota-kota di Indonesia mengenai berjualan online.

Berdasarkan data dari Dirjen PEN, saat ini penetrasi e-commerce di Pulau Jawa sudah mencapai 75,77 persen, Sumatera 13,51 persen, Sulawesi 3,99 persen dan Kalimantan 3,77 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com