Kemendag Gandeng E-commerce Untuk Genjot Ekspor

Kompas.com - 16/08/2019, 21:10 WIB
Ilustrasi e-commerce usabilitygeek.comIlustrasi e-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemendag melalui Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (dirjen PEN) mengajak e-commerce yang ada di Indonesia untuk membantu UMKM dan UKM ekspor hasil barang.

"Ada bimbingan dari sisi kemasan, kemudian coaching program, dari sisi branding banyak program-program yang bisa diberikan untuk UKM" kata dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Dody Edward Jumat (16/08/2019) saat ditemui di Jakarta.

Saat ini coaching program di tahun 2019 sudah diadakan di Jakarta, Semarang dan Bandung, serta diikuti oleh 75 peserta yang menghasilkan 35 eksportir. Program ini sudah berjalan dari tahun 2010 dan sudah berhasil melahirkan 149 eksportir baru.

Sejauh ini sudah ada e-commerce seperti Shopee, Lazada, dan Bukalapak yang terus memberikan edukasi kepada UMKM yang ada di kota-kota di Indonesia mengenai berjualan online.

Berdasarkan data dari Dirjen PEN, saat ini penetrasi e-commerce di Pulau Jawa sudah mencapai 75,77 persen, Sumatera 13,51 persen, Sulawesi 3,99 persen dan Kalimantan 3,77 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.