Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI Ke-74, Sinergi BUMN Salurkan Rp 2,35 Miliar di NTB

Kompas.com - 17/08/2019, 19:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 4 BUMN menyelenggarakan kegiatan pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam kesempatan itu juga disalurkan sejumlah bantuan.

PT Asabri (Persero) bersinergi dengan tiga BUMN lainnya, yakni PT Sarinah (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) hadir di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kehadiran empat BUMN ini terkait dengan Program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Kehadiran Asabri dan tiga BUMN lainnya ini dimulai dari kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Dalam kegiatan SMN ada 20 siswa dari SMA dan SMK, da tiga orang siswa disabilitas asal NTB
yang diberi kesempatan untuk mengenal Provinsi Bengkulu.

Baca juga: BUMN Ritel Dukung Industri Kopi Nusantara

Lalu dilanjutkan dengan bantuan bedah rumah yang tidak layak huni di sekitar wilayah Lombok. Ada 10 unit rumah yang direnovasi.

"Ini merupakan bentuk kepedulian BUMN untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dasar hidup, khususnya di bidang perumahan," ujar Direktur Utama Asabri Sonny Widjaja dalam keterangannya, Sabtu (17/8/2019).

Selain bedah rumah, sinergi empat BUMN di Lombok juga memberikan bantuan elektrifikasi bagi warga yang berada di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Bantuan lainnya adalah beasiswa untuk 25 orang siswa teladan masing-masing Rp 5 juta.

Kemudian, disalurkan bantuan berupa 20 unit MCK dan penyediaan instalasi air bersih di dua titik. Secara keseluruhan bantuan yang diberikan empat BUMN tersebut mencapai Rp 2,35 miliar.

"Diharapkan dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri ini dapat bermanfaat dan makin menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata hadirnya BUMN di tengah-tengah masyarakat," terang Sonny.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com