Tahun 2019, Disney Jadi Studio Pertama yang Punya 5 Miliar Dollar AS Per 5 Film

Kompas.com - 17/08/2019, 20:30 WIB
Salah satu potongan adegan remake animasi The Lion King produksi Disney. Disney Enterprises, IncSalah satu potongan adegan remake animasi The Lion King produksi Disney.

NEWYORK, KOMPAS.com - Disney kembali mengkukuhkan posisinya menjadi satu-satunya studio film yang berhasil merilis 1 miliar dollar yang ke-5 kali dalam 1 tahun.

Pengukuhan posisi ini menyusul pengumuman film Toy Story 4 yang juga berhasil meraih 1 miliar dollar AS setelah beberapa film sebelumnya.

Adapun 5 film yang dimaksud antara lain Avengers: Endgame dengan perolehan 2,79 miliar dollar AS, The Lion King 1,34 miliar dollar AS, Captain Marvel 1,12 miliar dollar AS, Aladdin 1,03 miliar dollar AS, dan terakhir Toy Story 4 sebesar 1 miliar dollar AS.

Dikutip CNN, Sabtu (17/8/2019), Disney mencatat sejarah baru di pertengahan tahun 2019, padahal masih ada 5 bulan lagi menuju tahun 2020.

Di sisa 5 bulan itu, studio film Disney masih memiliki deretan film yang siap meramaikan bioskop sekaligus dianggap kuat untuk mencatatkan rekor baru.

Film-film tersebut antara lain, Maleficent: Mistress of Evil pada Oktober 2019, Frozen 2 pada November 2019, dan kisah terakhir dari Skywalker Saga, Star Wars: The Rise of Skywalker pada Desember 2019.

Baca : Catat Rekor, Sudah 5 Film Disney yang Tembus Rp 14 Triliun Tahun Ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena sejarah baru ini, Disney digadang-gadang menjadi pesaing tangguh Netflix, mengingat perusahaan itu bakal meluncurkan Disney + -, yakni layanan streaming baru yang dibandrol dengan harga 6,99 dollar per bulan (sekitar Rp 100.000).

Tak hanya itu, Disney telah menyedot sebagian besar aset 21 Century Fox, yang memberinya lebih banyak program dan kekayaan intelektual untuk mendukung Disney + dan menjadikannya raja konten.

Disney juga telah berhasil mendominasi televisi, streaming, maupun bioskop saat banyaknya program yang mungkin mampu menyedot perhatian penonton.

Bulan lalu, pendapatannya telah menjadi rekor industri sebesar 7,67 miliar dollar AS di seluruh dunia, berbeda tipis dengan rekor sebelumnya yang tercatat pada tahun 2016 sebesar 7,61 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.