Karyawan Pemula dalam 2 Tahun Bisa Umrah? Simak Hal Ini

Kompas.com - 18/08/2019, 09:18 WIB
Ilustrasi dana umrah SHUTTERSTOCKIlustrasi dana umrah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini tidak lagi mustahil bahwa karyawan baru tanpa pengalaman  alias pemula (fresh graduate) untuk bisa pergi umrah.

Agustina Fitri, Financial Planner OneShildt mengatakan, karyawan baru rata-rata menerima gaji Rp 6 juta sampai Rp 7 juta per bulan. Dia menilai nilai gaji tersebut cukup untuk disisihkan sebagai tabungan umrah.

Sekedar info, umumnya travel agen mematok biaya ibadah mulai dari Rp 21 juta. Berdasarkan perhitungan Fitri, seseorang membutuhkan dana sekitar Rp 25 juta sampai Rp 28 juta untuk dapat pergi umrah.

Baca juga: Ini Cara Negosiasi Gaji buat Calon Karyawan Pemalu

Menurut Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku,com, karyawan fresh graduate hanya butuh waktu dua tahun untuk mengumpulkan modal.

Dengan catatan, karyawan tanpa pengalaman itu menyisihkan minimal Rp 1,2 juta atau 20 persen dari gajinya untuk tabungan umrah. Selain itu, sang karyawan harus disiplin untuk menabung.

"Mereka yang sulit menabung dapat menggunakan fasilitas auto debit," kata Widya.

Sehingga, mereka dapat mengumpulkan dana umrah sesuai target waktu.

Baca juga: 3 Alasan Karyawan Bertahan dalam Sebuah Perusahaan

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X