Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Di Kaltara, BUMN Meriahkan HUT RI dengan Jalan Sehat Bersama Masyarakat

Kompas.com - 18/08/2019, 18:09 WIB
Sri Noviyanti

Editor

 

KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Perum Jamkrindo dan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyelenggarakan aktivitas Jalan Sehat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Minggu (18/8/2019).

Kegiatan tersebut diikuti peserta hampir 5.000 orang, terdiri dari keluarga besar BUMN dan masyarakat di Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Adapun Jalan Sehat merupakan rangkaian Program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) spesial HUT RI.

Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN RI Eko Setiawan selaku Wakil Kementerian BUMN yang turut hadir menjadi pendamping kegiatan “BUMN Hadir untuk Negeri Provinsi Kalimantan Utara” mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tarakan dengan jajaran Forkopimda yang mendukung penuh kegiatan BHUN di Tarakan.

“Tujuan dari program BHUN ini adalah agar keberadaan BUMN benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kami harapkan program ini akan terus berlanjut secara berkesinambungan dan tepat sasaran pada tahun-tahun berikutnya,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul M.Kes. mengapresiasikan kegiatan jalan sehat yang diselenggarakan BUMN di Tarakan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa mempererat persatuan dan kesatuan bangsa khususnya masyarakat di Kota Tarakan dan mudah-mudahan ini juga bisa meningkatkan kesehatan masyarakat. Kebiasaan ini bisa kita lakukan secara rutin, tidak hanya stop sampai sini. Sekali lagi, kepada BUMN, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” ujar Khairul.

Sementara itu, Direktur Human Capital Telkom Edi Witjara menyampaikan bahwa kegiatan Jalan Sehatjuga merupakan salah satu inisiatif BUMN untuk menginspirasi masyarakat dalam meningkatkan pola hidup sehat, menjalin kebersamaan antara masyarakat dan BUMN, sekaligus mendorong perekonomian daerah.

“Jalan sehat yang diikuti oleh 5.000-an peserta ini tidak hanya bermanfaat sebagai ajakan bagi masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat, tapi juga sebagai upaya untuk mendorong perekonomian daerah melalui peran UKM mitra binaan BUMN yang turut hadir meramaikan acara,” ujar Edi.

Jalan Sehat sepanjang 3,2 kilometer tersebut melewati rute jalan-jalan protokol di Kota Tarakan, mulai dari jalan P. Sumatera, Stadion Datu Adil, Kantor Wali Kota, Taman Oval Ladang, sampai berakhir kembali di jalan P. Sumatera.

Selain adanya sajian kuliner gratis, Jalan Sehat juga diramaikan dengan pameran produk dari 25 UKM Binaan BUMN, pemeriksaan kesehatan gratis, kegiatan bersih lingkungan dan pembagian doorprize.

Jalan Sehat menjadi semakin semarak dengan adanya panggung hiburan yang dimeriahkan oleh penampilan artis Siti Badriah. Peserta dapat juga berbelanja produk UKM Binaan BUMN dengan menggunakan LinkAja.

Sebelumnya, Telkom bersama Jamkrindo dan Pupuk Kaltim juga menyelenggarakan Program Siswa Mengenal Nusantara pada 13 Agustus 2019 dan upacara bendera pada 17 Agustus 2019 dilanjutkan dengan lomba rakyat yang diikuti oleh karyawan BUMN dan masyarakat.

Selain itu, dilakukan pula peninjauan oleh jajaran direksi Telkom ke lokasi Program Bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar, meliputi bantuan elektrifikasi, penyediaan sarana MCK, penyediaan sarana air bersih, renovasi rumah karyawan BUMN dan masyarakat, sekolah yang menerima bantuan beasiswa dan pasar murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com