Ketika Sri Mulyani Minta Tolong Anak Muda Awasi Anggaran Negara

Kompas.com - 18/08/2019, 21:18 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Kebaya memakai kebaya yang dirancang oleh Didiet Maulana. Dok Didiet MaulanaMenteri Keuangan Sri Mulyani Kebaya memakai kebaya yang dirancang oleh Didiet Maulana.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta bantuan anak- anak muda untuk mengawasi anggaran negara pada 2020.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam acara Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Satu Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/8/2019).

"Teman-teman di sini ayo tolong bantuin saya dong, kita mengusulkan anggaran begitu banyak," ujarnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, publik harus turut mengawasi pengunaan anggaran negara berjalan efektif dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

Baca juga: Sri Mulyani: Bukan Saya Hobi Memajaki...

Salah satu anggaran yang besar pada 2020 yakni anggaran pendidikan yang mencapai Rp 505 triliun.

Beberapa kali Sri Mulyani menyoroti besarnya anggaran pendidikan sebab dinilai belum menghasilkan peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia yang diharapkan.

Selain itu ada juga dana desa yang mencapai Rp 72 triliun untuk 75.000 desa pada 2020. Ini akan menjadi tahun keenam dana desa disalurkan oleh pemerintah pusat.

"Bagaimana saya tahu itu anggaran tidak dipakai untuk bangun solokan yang sama?" kata dia.

"Bagaimana saya tahu itu digunakan untuk Bumdes yang menghasilkan pekerjaan untuk ibu-ibu? Jadi saya ingin teman baca deh nota kauangan," sambungnya.

Baca juga: Saat Sri Mulyani Disuguhi Air Mineral Botol Plastik, Susi Langsung Teriak...

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X