Sri Mulyani: Pemerintah Beri Perhatian Khusus untuk Papua Barat

Kompas.com - 19/08/2019, 16:30 WIB
Mentri Keuangan , Sri Mulyani Indrawati KOMPAS.com/DESY KRISTI YANTIMentri Keuangan , Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapan bahwa pemerintah memberikan perhatian khusus untuk daerah otonomi khusus (Otsus), salah satunya yakni Papua Barat.

Perhatian khusus itu terkait dengan sejauh mana dampak penggunaan dana otonomi khusus (Otsus) kepada kesejahteraan masyarakat selama ini.

"Untuk dana Otsus, kami juga berikan perhatian kshusus terkait di Papua Barat, Aceh," ujarnya di  Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/8/2019).

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, perlu adanya peningkatan akuntabilitas dari dana Otsus yang diberikan kepada daerah-daerah tersebut.

Baca juga: Ada Kerusuhan, Kemenhub Pastikan Bandara di Manokwari Masih Beroperasi

Sebab kata Sri Mulyani, pemberian Dana Otsus memiliki tujuan yang jelas yakni untuk meningkatkan kesejahterakan masyarakat

"Jangan lupa Otsus untuk Papua dan Aceh ini untuk kejar ketertinggalannya dan saat ini lebih dari 8 tahun berjalan untuk bisa lihat kinerjanya," kata Sri Mulyani.

Selain Dana Otsus, Sri Mulyani juga menilai penting untuk mengevaluasi anggaran lain yang digelontorkan ke daerah. Misalnya Dana Alokasi Umum ( DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Saat ini, ucap Sri Mulyani, sebagain DAU dipakai untuk gaji guru. Evaluasi penting untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan anggaran tersebut.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X