Kalah Saing dengan Vietnam, Mendag Mengaku Ditegur Jokowi

Kompas.com - 19/08/2019, 17:17 WIB
Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita dalam paparan kinerja dan outlook capaian 2019 di kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (10/1/2019). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAMenteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita dalam paparan kinerja dan outlook capaian 2019 di kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengaku ditegur Presiden Joko Widodo karena Indonesia kalah bersaing dengan Vietnam di bidang perdagangan.

Menurut Enggar, daya saing Vietnam mengungguli Indonesia lantaran telah terlebih dahulu melakukan perjanjian dagang dengan negara yang dituju.

Dengan begitu, barang dari Vietnam lebih mudah masuk ke negara tersebut.

“Kita jujur, kita ditegur Presiden bahwa kita ketinggalan dengan Vietnam karena mereka sudah lebih dulu membuat perjanjian perdagangannya,” ujar Enggar di Jakarta, Senin (19/8/2019).

Baca juga: Indeks Modal Manusia Indonesia Kalah Jauh dari Singapura dan Vietnam

Politisi Partai Nasdem ini menambahkan, 10 tahun belakangan Indonesia baru banyak melakukan perjanjian dagang dengan negara lain. Upaya itu dilakukan demi menggenjot ekspor.

“Jadi benar, gimana mau berkompetisi kalau tarif mereka sudah lebih rendah dari kita? Jadi susah,” kata Enggar.

Selain dari Vietnam, kata Enggar, Indonesia juga kalah dari Malaysia dan Thailand. Menurut dia, komoditas dari dua negara tersebut lebih unggul dari Indonesia.

“Kita harus akui dan jujur produk-produk mereka buah-buahan tropisnya luar biasa dan itu maju sekali. Durian kita untuk ekspor jauh tertinggal dibanding Thailand dan Malaysia, padahal durian Ucok itu enak,” ucap Enggar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X