KILAS

Pupuk Nasionalisme Pelajar, BRI Gelar Program SMN

Kompas.com - 19/08/2019, 17:24 WIB
Bank BRI melepas para peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Jayapura. Dok. Humas Bank BRIBank BRI melepas para peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Jayapura.


KOMPAS.com
– Untuk memupuk rasa nasionalisme para pelajar, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara ( SMN) di Jayapura, Papua.

Total ada 56 siswa dari Papua dan Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan SMN. Selama mengikuti kegiatan yang berlangsung dari Rabu (14/8/2019) hingga Rabu (21/8/2019) ini, mereka memelajari kearifan dan kesenian lokal dari daerah lain.

Tak cuma itu, SMN ini bertujuan pula untuk mengenalkan siswa kepada keragaman budaya dan kekayaan alam.

“Harapan kami program ini dapat meningkatkan national building para pelajar dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul,” imbuh Corporate Secretary Bank BRI, Bambang Tribaroto di Jayapura, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (19/8/2019).

Perlu diketahui, SMN merupakan program pertukaran pelajar yang diselenggarakan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) di bawah koordinasi Kementerian BUMN RI.

Tanggung jawab BRI dan Yodya Karya

Kementerian BUMN menunjuk Bank BRI bersama dengan Yodya Karya untuk bertanggung jawab merekrut para peserta.

Kedua BUMN ini pun menyeleksi putra-putri terbaik di Provinsi Papua untuk dikirimkan ke Sulawesi Selatan. 

Sebaliknya mereka pun harus menerima putra-putri terbaik dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dikirimkan ke Provinsi Papua, di mana dalam rekrutmen dan seleksinya dibantu oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua.

Baca juga: Ramaikan Peringatan HUT ke-74 RI, BRI Gelar Jalan Sehat di Papua

Jika dirinci, jumlah peserta SMN dari Papua yang dikirimkan ke Sulawesi Selatan ada 29 siswa, sedangkan peserta dari Sulawesi Selatan yang dikirimkan ke Papua sebanyak 27 siswa.

Masing-masing kontingen kemudian didampingi oleh 2 orang guru teladan dan 1 orang pendamping dari Dinas Pendidikan.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, kegiatan SMN merupakan program tahunan yang sudah dilakukan oleh Bank BRI sejak tahun 2015 lalu.

“Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dapat turut merasakan kehadiran Bank BRI sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki jaringan perbankan terbesar di Indonesia,” ungkap Bambang Tribaroto.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X