Bidik Ekspor ke Afrika, Indonesia Jajaki Perdagangan dengan Mozambik

Kompas.com - 19/08/2019, 21:12 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (12/6/2019). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALAMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia membidik pasar ekspor ke Afrika secara lebih luas dengan menandatangani kerja sama perdagangan dengan Mozambik.

Indonesia akan menjadikan Mozambik sebagai pintu perdagangan di Afrika.

"Kita jangan lihat, Mozambiknya saja. Tapi lihat Mozambik itu sebagai pintu masuknya, sebagai hub-nya untuk Afrika," ucap Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat ditemui di Jakarta Senin (19/08/2019) 

Menurut Enggar, Penandatanganan kerja sama antara Indonesia dan Mozambik ini berbentuk Preferential Trade Agreement (PTA) karena dirasa paling mudah.

 

Baca juga: Indonesia Dongkrak Ekspor Makanan dan Minuman ke Afrika Selatan

Penandatanganan ini hanya tinggal menunggu menteri terkait mendapat persetujuan dari Presiden Mozambik. 

“Kami harap dengan adanya PTA dengan Mozambik ini, maka ekspor ke Afrika bisa naik. Afrika juga merupakan pasar yang promising,” kata Enggar

Enggar mengatakan bahwa PTA dengan Mozambik adalah kesepakatan bilateral pertama yang dilakukan Indonesia dengan negara di Afrika.

Setelah Mozambik, Enggar juga menargetkan agar PTA Indonesia dengan Moroko dan Tunisia dapat menyusul tahun ini. 

Di luar negara-negara Afrika, Enggar berharap, kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan juga bisa cepat rampung tahun ini. 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X