Investor Asing Minati Bank Permata, Ini Kata OJK

Kompas.com - 20/08/2019, 05:10 WIB
Bank Permata KOMPAS.COM/DIAN FATHBank Permata

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar banyaknya investor yang berminat meminang PT Bank Permata Tbk (BNLI) kian kencang.

Belakangan dikatakan grup keuangan asal Singapura yakni Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC) tertarik untuk mengakuisisi 90 persen saham Bank Permata senilai 1,9 miliar dollar AS menurut artikel yang dimuat Bloomberg (14/8/2019) lalu.

Sebelum OCBC, dua lembaga keuangan asal Jepang yakni Mizuho Financial Group dan Sumitomo Mitsui Financial Group juga dikabarkan tengah mengincar kepemilikan saham Bank Permata.

Baca juga: Mantan Bos Bank Bali Ungkit Cacat Akuisisi Bank Permata oleh Standard Chartered

Terkait hal itu Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) pun angkat bicara.

Kepala Eksekutif Perbankan OJK Heru Kristiyana menyatakan, hingga saat ini pihaknya menerima permohonan atau pun pembicaraan dari investor asing maupun lokal mengenai rencana investasi ke Bank Permata.

"Mereka itu masih dalam proses (mencari investor). Saya belum dengar, kabar masalah Permata belum ada sampai saat ini yang bertemu atau laporan masuk," katanya seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (19/8/2019).

Dia menegaskan, untuk melangsungkan aksi korporasi atau investasi, lembaga keuangan maupun investor wajib lebih dahulu melapor ke OJK selaku regulator sekaligus pengawas perbankan di Indonesia.

Baca juga: Bank Mandiri Tawar Bank Permata dengan Harga Rp 1.115?

Meski begitu, OJK tidak melarang investor baik asing maupun lokal yang berniat untuk mengakuisisi bank di Indonesia. Tentunya, selama seluruh kewajiban dan persyaratan terpenuhi.

Sementara itu seperti dikutip dari Kontan.co.id, otoritas di dalam negeri dikabarkan lebih menyukai investor asal Jepang. Pertumbuhan sektor kredit melambat dan inflasi rendah mendorong bank asal Jepang berekspansi ke negara lain dan Indonesia menjadi salah satu tujuan.

Sumitomo disebut ingin membidik seluruh kepemilikan saham milik Astra dan Standard Chartered di Bank Permata.

Sedangkan Mizuho cuma akan mengambil saham dari Standard Chartered karena perusahaan ini ingin Grup Astra tetap memiliki bisnis di sektor perbankan.

Apalagi kabarnya Bank Permata juga telah menjadi bank pengelola gaji karyawan (payroll) Mizuho. Pun Mizuho dikabarkan akan segera berkantor di Gedung Astra, Sudirman, Jakarta Pusat. (Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Bank Permata diincar investor asing? Ini kata OJK

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X