Semester I 2019, Penumpang di Bandara yang Dikelola AP I Turun 19 Persen

Kompas.com - 20/08/2019, 17:41 WIB
Sejumlah penumpang beristirahat menunggu jadwal penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Bali, Jumat (29/6/2018). ANTARA FOTO/WIRA SURYANTALASejumlah penumpang beristirahat menunggu jadwal penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Bali, Jumat (29/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatatkan jumlah penurunan penumpang hingga 19 persen di 14 bandara yang dikelolanya selama periode Januari hingga Juni 2019.

Pada periode yang sama pada tahun lalu, jumlah penumpang di bandara yang dikelola AP I tercatat sebesar 46.560.775 orang.

“Pertumbuhan traffic lebih rendah dibanding tahun lalu, kan kita paling utama dari penumpang dan pesawat tadi kan penumpang turun 19 persen,” ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Faik pun pesimis target jumlah penumpang yang telah dicanangkan perseroannya pada tahun ini bisa tercapai.

Baca : AP I Berencana Kelola Bandara di Jeddah dan Kuwait

“Kalau dari sisi traffic pasti tidak akan kecapai ya, tahun lalu achievement (AP I) 95,6 juta (penumpang) dan tahun ini kita targetkan 10 juta (penumpang), tapi kayaknya mungkin dari sisi pencapaian traffic enggak akan terbapai,” kata Faik.

Kendati begitu, Faik optimis perseroannya bisa mengantongi laba bersih hingga akhir 2019 sebesar Rp 2 triliun seperti tahun sebelumnya. Sebab, hingga semester I 2019, pendapatan non aeronautika AP I meningkat ketimbang tahun sebelumnya.

“Yang menurun pendapatan aero tapi pendapatan non aero naik 9 persen,” ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X