Selain Berdayakan Petani Lokal, Sang Pisang Juga Sekolahkan Karyawan

Kompas.com - 20/08/2019, 20:09 WIB
CEO dan Co-Founder PT Sang Khadir Indonesia, Ansari Kadir saat berbagi kisah dalam merintis bisnis Sang Pisang bersama Kaesang di Gedung Redaksi Kompas Gramedia Jakarta, Selasa (20/8/2019). KOMPAS.COM/FIKA NURUL ULYACEO dan Co-Founder PT Sang Khadir Indonesia, Ansari Kadir saat berbagi kisah dalam merintis bisnis Sang Pisang bersama Kaesang di Gedung Redaksi Kompas Gramedia Jakarta, Selasa (20/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sang Khadir Indonesia yang membawahi bisnis kuliner Sang Pisang turut memberdayakan petani pisang lokal. Hal ini karena perusahaan memperoleh suplai bahan baku dari para petani tersebut.

CEO dan Co-Founder PT Sang Khadir Indonesia, Ansari Kadir yang membawahi bisnis Sang Pisang bersama Kaesang Pangarep menjelaskan, pemberdayaan ini dilakukan seperti menyekolahkan karyawan, memberi kursus, atau memberi bimbingan cara mengembangkan bisnis dan menjadi entrepreneur muda kepada karyawannya.

"Kalau mereka D3, kami bantu untuk melanjutkan ke S1, kalau dia kerja di dapur Sang Pisang kita sekolahkan seperti kursus. Atau kalau enggak, bersekolah di SMA terbuka yang tiap sore. Tapi ada juga yang enggak mau sekolah maunya jadi pengusaha, ya kita bimbing," cerita Ansari Kadir di Gedung Redaksi Kompas Gramedia Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan fleksibilitas kepada karyawannya perihal sekolah. Biar bagaimanapun, kata Ari, sekolah tetap penting untuk perkembangan di masa depan.

"Aku sama Kaesang itu enggak saklek orangnya. Kalau sudah di dapur itu fleksibel. Karyawan yang sudah selesai potong-potong pisang mau berangkat sekolah, silakan. Enggak masalah," ungkap dia.

Baca juga : Ini Tips Wirausaha ala Jokowi untuk Para Pensiunan

"Yang penting gajinya cukup untuk bayar sekolah. Kalau enggak cukup untuk bayar ya kita coba bantu," imbuh Ari.

Menurut Ari, hal ini dia lakukan karena dirinya dan Kaesang pernah merasakan susah saat membangun bisnis.

"Karena kami juga merasakan susah, Kaesang walaupun anak presiden dia tipikal orang yang punya jiwa entrepreneur dan dermawan luar biasa," pungkasnya.

Tercatat hingga saat ini, Sang Pisang telah menyekolahkan 10 orang karyawan, memberikan kursus, hingga memberikan bimbingan kepada karyawan yang ingin menjadi entrepreneur.



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X