Jika Kendaraan Rusak Karena Kerusuhan atau Bencana, Bisakah Diklaim Asuransi?

Kompas.com - 21/08/2019, 07:04 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik kendaraan bermotor mungkin berpikir, apabila kendaraan rusak akibat menjadi korban kerusuhan atau huru-hara tidak bakal ter-cover asuransi.

Meskipun tidak sepenuhnya benar, anggapan itu juga tidak sepenuhnya salah. Sebab, untuk bisa mendapatkan klaim asuransi huru-hara, seseorang harus menambah premi asuransinya. Sebab, polis standar asuransi belum mengcover kerusakan kendaraan akibat hal-hal tak terduga tersebut.

"Jadi polis di standar asuransi Indonesia yang dibuat oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) yang disahkan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) terdapat exclusion, risiko-risiko yang tidak dijamin polis standar, salah satunya huru-hara," ujar Chief Marketing Officer Adira Insurance Wayan Pariama di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Selain huru-hara, hal lain yang menjadi pengecualian dalam standar umum polis adalah jika dalam keadaan perang atau bencana alam.

Adapun untuk bencana alam, polis ditambahkan dengan membeli premi asuransi bencana alam. Jenis polis bencana alam pun dibedakan menjadi dua, yaitu untuk banjir, adanya angin topan dan tanah longsor, juga polis untuk gempa bumi dan tsunami.

Baca : Lesunya Penjualan Kendaraan Bermotor Berdampak ke Penjualan Polis Asuransi

Wayan pun menyarankan agar ketika membeli premi asuransi agar juga membeli premi untuk bencana alam dan huru-hara, karena tidak ada yang bisa menjamin adanya terjadi tidaknya kedua hal tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat beli produk asuransi, kalau mau ada jaminan bisa minta, karena standarnya nggak masuk, untuk akibat huru-hara atau bencana alam," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.