Mendapat Review Buruk Saat Evaluasi Kerja? Begini Menghadapinya

Kompas.com - 21/08/2019, 12:00 WIB
Ilustrasi wawancara Dok. Jobplanet IndonesiaIlustrasi wawancara

JAKARTA, KOMPAS.com - Memang sulit untuk mendengar feedback negatif dalam pekerjaan, karena memang Anda tidak mengharapkannya.

Tetapi, jangan bereaksi secara impulsif dan tidak bersikap secara emosional atas feedback yang Anda terima.

Dikutip dari CNN Rabu (21/08/2019), ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan bila Anda menerima review negatif saat bekerja. 

Ambil Jeda Sejenak

Lawan keinginan untuk marah saat menerima review yang buruk. Berusahalah untuk tetap tenang dan menerima hasil review.

 

Berdebat mungkin tidak akan membawa Anda ke mana pun. "Pada saat Anda mendapatkan penilaian buruk atau peringatan, bos Anda mungkin sudah berbicara dengan bos mereka dan mungkin SDM," kata pelatih karier asal Atlanta, Marie McIntyre.

Akui pesan yang disampaikan telah diterima

Jika Anda bersikap dengan tenang dan tidak banyak bicara agar emosi Anda tidak terlihat, Anda masih perlu menjelaskan bahwa Anda sudah mendengar kekhawatiran yang disampaikan oleh atasan Anda.

Untuk mengonfirmasi bahwa Anda memahami masukannya, McIntyre menyarankan untuk mengatakan sesuatu seperti, "Saya memahami kekhawatiran Anda tentang tenggat waktu yang terlewat." Atau bisa juga seperti ini, "Saya mengerti sepertinya ada beberapa masalah dengan rekan kerja saya dan saya khawatir tentang itu."

Baca juga : Ini 4 Tanda HRD Tidak Terkesan saat Wawancara Anda

Buat rencana

Setelah masalah diidentifikasi, buat rencana untuk memperbaiki keadaan. "Buat rencana pada apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki, bukan membalikkannya," kata direktur pelaksana Chameleon Resumes, Lisa Rangel.

Setelah Anda memiliki rencana, minta pertemuan dengan manajer Anda untuk meninjaunya dan mendapatkan masukan balik. 

Buatlah rencana yang masuk akal dan disepakati bersama.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X