Jangan Hiasi E-mail Profesional dengan Emotikon, Mengapa?

Kompas.com - 21/08/2019, 19:02 WIB
Ilustrasi emotikon dalam e-mail. SHUTTERSTOCK/Pedro Neves StudioIlustrasi emotikon dalam e-mail.

LONDON, KOMPAS.com - Ketika mengirim surat elektronik atau e-mail terkait pekerjaan, tentu ada kaidah-kaidah yang harus Anda ikuti.

Ini dimaksudkan agar e-mail yang Anda tulis dan kirim menunjukkan profesionalitas Anda dan tidak kabur maknanya.

Namun, ketika mengirim e-mail kepada rekan kerja, kerap kali kita menyelipkan emotikon agar terlihat bersahabat dan tidak terkesan kaku.

Akan tetapi, apakah penggunaan emotikon tersebut dianjurkan dalam hal pekerjaan?

Dilansir dari Marie Claire UK, Rabu (21/8/2019), sebuah riset yang dipublikasikan di jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa menggunakan emotikon dalam e-mail profesional dapat membuat rekan kerja menganggap enteng Anda dan e-mail yang Anda kirim. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini 5 Etiket Menulis E-mail dalam Bekerja

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti di Amsterdam University, Ben-Gurion University of the Negev, dan University of Haifa meminta 500 orang responden dari 29 negara untuk melakukan pekerjaan sehari-hari di kantor.

Salah satu pekerjaan itu adalah melakukan penilaian terhadap e-mail dari orang yang belum dikenal.

Beberapa e-mail disertai dengan emotikon dan beberapa tidak disertai emotikon. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang sebenarnya dipikirkan tentang e-mail dengan emotikon tersebut.

Meskipun ketika berpikir emotikon akan membuat e-mail lebih ringan dan bersahabat, ternyata para responden menganggap e-mail dengan emotikon sebagai tindakan tak kompeten.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X