Menjadi 'Baik' Tak Selalu Positif Untuk Karir, Mengapa?

Kompas.com - 22/08/2019, 09:15 WIB
Ilustrasi karyawan perusahaan Shutterstock.comIlustrasi karyawan perusahaan

KOMPAS.com - Dianggap baik oleh orang-orang di sekitar lingkungan kerja mungkin memang hal yang positif, namun bisa juga menjadi hal yang merugikan.

Memprioritaskan kebaikan kerap kali berarti tidak jujur, tidak kritis, dan terkadang hal itu bisa merugikan perusahaan bahkan karir di masa depan.

Dalam sebuah studi terhadap 1000 pekerja penuh di Amerika Serikat oleh perusahaan pelatihan Fierce yang dikutip dari Fastcompany.com disebutkan, 63 persen responden mengatakan, mereka memilih untuk tidak ingin berbagi kekhawatiran atau balasan negatif di tempat kerja karena mereka tidak ingin dipandang sebagai seseorang yang agresif, tidak kooperatif, dan negatif.

Responden yang terlibat dalam studi tersebut merasa penting dianggap baik di lingkungan kerja lantaran tiga hal, yaitu:

1. Merasa pekerjaan menjadi lebih mudah dinikmati ketika bisa bergaul dengan rekan kerja.

2. Membuat pekerjaan lebih mudah diselesaikan

3. Merasa bakal bisa mendapatkan pekerjaan menarik atau kesempatan kerja lebih luas jika orang-orang suka bekerja dengan mereka.

"Sangat alamiah jika Anda ingin orang-orang menyukai Anda," ujar Presiden Fierce, Stacey Engle.

"Sejak kita muda, kita dilatih untuk bersikap baik, yang berarti kita dilatih untuk tidak efektif dalam percakapan. Pepatah mengatakan, jika Anda tidak memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan, jangan katakan apa pun sebenarnya dapat menghalangi jika Anda tidak memiliki keterampilan komunikasi untuk terlibat dalam percakapan-percakapan yang menantang dan penting," jelas Engle.

Baca : Jangan Mengeluh Sibuk, Kelola Stress Anda dengan 5 Latihan Ini

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber CNN
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X