Menyusut, Anggaran Subsidi Tahun 2020 Hanya Rp 199,7 Triliun

Kompas.com - 22/08/2019, 15:47 WIB
Ilustrasi SPBU TRIBUNNEWS/HERUDINIlustrasi SPBU

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 199,7 triliun untuk berbagai subsidi di 2020.

Alokasi tersebut termaktub dalam Rencana Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( RAPBN) Tahun Anggaran 2020.

“Anggaran untuk Program Pengelolaan Subsidi sebagaimana dimaksud pada dapat disesuaikan dengan kebutuhan realisasi pada tahun anggaran berjalan berdasarkan asumsi dasar ekonomi makro, perubahan parameter, dan/atau pembayaran kekurangan subsidi tahun-tahun sebelumnya,” bunyi Pasal 16 ayat (3) RUU tersebut, sebagaimana dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Kamis (22/8/2019).

Baca juga: 5 Tahun Memimpin, Jokowi Minta Penyaluran Subsidi Diperbaiki

Namun, nilai anggaran yang dialokasikan untuk pengelolaan subsidi tersebut lebih rendah daripada outlook APBN tahun 2019 sebesar Rp 212,3 triliun.

Perbedaannya sekitar minus Rp 12,6 triliun.

Angkanya juga lebih rendah dari anggaran belanja subsidi 2018 sebesar Rp 218,9 triliun.

Dalam Buku II Nota Keuangan beserta RAPBN Tahun Anggaran 2020, disebutkan bahwa pemerintah akan lebih mengoptimalkan kebijakan subsidi dalam menjaga daya beli masyarakat, meningkatkan daya saing dan kualitas pelayanan publik, mendukung ketahanan pangan dan energi, serta menjaga kesinambungan kinerja BUMN penyedia barang bersubsidi.

Beberapa kebijakan yang akan dilakukan antara lain mengubah paradigma dari subsidi berbasis komoditas menjadi subsidi langsung kepada masyarakat.

Selain itu, juga meningkatkan akurasi data target penerima subsidi secara masif serta memanfaatkan teknologi dalam penyaluran subsidi.

Hal lain yang dilakukan yakni meningkatkan sinergi pusat dan daerah dalam pengendalian dan pengawasan subsidi.

Subsidi energi

Dari total alokasi anggaran pengelolaan subsidi sebesar Rp 199,725 triliun itu, sebanyak Rp 137,5 triliun untuk subsidi energi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X