Fintech Makin Menjamur, Bakal Ambil Konsumen Perbankan?

Kompas.com - 22/08/2019, 17:35 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan teknologi keuangan ( fintech) yang makin menjamur di Indonesia banyak menimbulkan pertanyaan, salah satunya soal nasabah perbankan yang mungkin saja beralih ke tekfin.

Terlebih, banyak pemberi pinjaman asal luar negeri yang mulai mencari pasar ke Indonesia.

Advisor Grup Inovasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Widyo Gunadi mengatakan, perbankan tidak perlu khawatir nasabahnya akan beralih ke fintech.

Pasalnya, Widyo melihat fintech dan perbankan di Indonesia mengarah ke tujuan kerja sama, bukan persaingan.

Baca juga: Fintech Bisa Jadi Perpanjangan Tangan Bank di Daerah

"Kalau saya lihat di Indonesia akan kerjasama, bukan menimbulkan persaingan. Apalagi sekarang kan banyak perbankan melakukan perbaikan dari segi inovasi, memanfaatkan digital dalam layanannya," kata Widyo Gunadi di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Terlebih, target pasar fintech dan perbankan memang berbeda. Pinjaman perbankan lebih pruden dan tinggi ketimbang fintech yang biasanya dibatasi di angka Rp 2 miliar.

Pun target pasar fintech lebih banyak ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan consumer loan.

Kendati beda pasar, tidak menutup kemungkinan nasabah bankable juga akan beralih ke fintech sehingga menimbulkan persaingan. Jika itu terjadi, Widyo mengatakan OJK akan mengatur aturan yang sesuai.

"Apakah OJK akan mengaturnya, bisa saja nantinya," ungkap Widyo.

Baca juga: Fintech dengan Tenor Panjang Akan Semakin Dicari

Namun terkait pemberi pinjaman yang menyasar pasar Indonesia, Widyo menuturkan momentum tersebut justru bisa menjadi kesempatan bagus.

"Justru malah bagus uangnya mengalir ke sini, bukannya mengalir ke luar negeri. Lender dalam negeri juga sudah hampir 500.000 orang, peminjamnya sudah 10 juta orang," pungkas Widyo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X