Simak, 3 Tipe Orang yang Tak Butuh Asuransi Jiwa

Kompas.com - 23/08/2019, 08:00 WIB
Ilustrasi FREEPIK.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti asuransi kesehatan, tak semua orang butuh asuransi jiwa. Momentum ini tentu menjadi alat penting untuk menjaga stabilitas keuangan Anda.

Misalnya, membeli asuransi jiwa di usia pensiun atau membeli asuransi jiwa tapi Anda tidak punya tanggungan apapun, nampaknya pembelian asuransi jiwa tidak perlu dilakukan.

Sebab, biaya yang Anda keluarkan untuk membeli asuransi jiwa tidak sebanding dengan klaim yang Anda dapat.

Ketika Anda membeli polis asuransi jiwa, Anda diwajibkan membayar premi agar ahli waris dapat menerima klaim kematian Anda. Namun bila Anda tak memiliki tanggungan, bisa dibayangkan apa yang terjadi.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Asuransi untuk Menjaga Keadaan Finansial

Dikutip dari Bussiness Insider, Jumat (23/8/2019), berikut ini 3 jenis orang yang biasanya tidak memerlukan asuransi jiwa tergantung pada situasi keuangannya.

1. Seseorang tanpa tanggungan

Jika Anda seorang lajang tanpa tanggungan, Anda mungkin tidak membutuhkan asuransi jiwa, atau setidaknya belum membutuhkan.

Para pakar keuangan lebih merekomendasikan asuransi jiwa kepada orang-orang yang secara finansial menanggung pasangan, anak-anak, atau kerabat lainnya.

Artinya, orang-orang selain yang disebutkan di atas akan bergantung pada pendapatan mereka sendiri dalam membiayai hidupnya.

Kendati tak diwajibkan memiliki asuransi jiwa, bukanlah ide buruk jika seorang lajang yang tidak memiliki tanggungan membeli asuransi jiwa.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X