Catat, 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Karyawan Baru di Hari Pertama Kerja

Kompas.com - 23/08/2019, 12:52 WIB
Ilustrasi wawancara kerja DragonImagesIlustrasi wawancara kerja

LONDON, KOMPAS.com - Selamat bagi Anda yang baru saja lulus kuliah dan diterima bekerja di perusahaan yang diidam-idamkan.

Tentunya menghadapi hari-hari pertama bekerja membutuhkan serangkaian persiapan, tak hanya berupa pakaian yang sesuai, namun juga perilaku yang tepat.

Nah, para ahli menyatakan, satu hal penting yang tak boleh dilupakan karyawan baru pada hari-hari pertama bekerja adalah menciptakan kesan pertama yang baik. Artinya, jangan melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa merusak kesan pertama Anda.

Dikutip dari Marie Claire UK, Jumat (23/8/2019), berikut adalah 5 kesalahan yang kerap dilakukan karyawan baru di hari-hari pertama bekerja.

1. Tidak bertanya

Soal kesalahan di hari pertama bekerja, satu hal yang harus selalu Anda hindari adalah tidak mengajukan pertanyakan.

Pakar kepemimpinan dan praktisi neuroscience Dominique Stillman menyarankan para karyawan baru tidak hanya mengangguk-angguk jika tidak paham apa yang dikatakan oleh atasan.

"Kesalahan umum adalah kurangnya kepercayaan diri untuk mengajukan pertanyaan, mengangguk atau menyatakan paham tapi faktanya tidak," sebut Stillman.

Baca juga: Mendapat Review Buruk Saat Evaluasi Kerja? Begini Menghadapinya

Ia mengungkapkan, mengajukan pertanyaan di hari-hari pertama bekerja adalah sebuah ekspektasi dan membangun kepercayaan. Justru aneh jika karyawan baru tak memiliki pertanyaan untuk diajukan.

Sementara itu, Direktur Smart Coaching & Training Isla Baliszewska menytaakan, mengajukan pertanyaan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan minat, keinginan untuk belajar, dan keterlibatan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X