Rini Minta LRT Jabodebek Di-Back Up Tiga Pembangkit Listrik

Kompas.com - 23/08/2019, 16:42 WIB
Menteri BUMN saat meninjau Stasiun LRT Cibubur, Jawa Barat, Jumat (23/8/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri BUMN saat meninjau Stasiun LRT Cibubur, Jawa Barat, Jumat (23/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta LRT Jabodebek sistem kelistrikannya didukung oleh tiga sumber pembangkit listrik.

Hal tersebut perlu dilakukan agar saat terjadi gangguan listrik seperti yang terjadi pada awal Agustus 2019 lalu operasional LRT Jabodebek tidak terganggu.

“Sekarang yang ingin kita lakukan berlapis-lapis supportnya. Jadi kalau aliran ini mati, ada aliran lainnya, back up nya. Kita harapkan minimal ada tiga back up (pembangkit listrik),” ujar Rini di Cibubur, Jawa Barat, Jumat (23/8/2019).

Rini pun meminta segala fasilitas pendukung LRT Jabidebek seperti sistem kelistrikan perlu dilakukan pengujian lebih dalam sebelum dioperasionalkan. Sehingga, jika nantinya sudah resmi dioperasionalkan, tak ada gangguan yang berarti di LRT Jabodebek tersebut.

“Makanya dengan pengalaman yang kemarin, kali ini kita akan lebih ngetes lebih detil dan lebi dalam. Sehingga back up sistemnya minimal ada tiga,” kata Rini.

Sebelumnya, padamnya listrik di Jakarta pada Minggu (4/8/2019) mengakibatkan laju MRT Jakarta terhambat. Sejumlah rangkaian kereta MRT Jakarta pun berhenti.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menyebut kerugian yang dialami PT MRT Jakarta mencapai Rp 507 juta akibat adanya pemadaman listrik pada Minggu (4/8/2019).

Dampak kerugian tersebut berasal dari aspek reputasi, moril, dan finansial bagi MRT Jakarta dan bagi para penggunanya. MRT sendiri kehilangan penumpangnya yang mencapai 52.898.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X