Menhub: Transjakarta Akan Operasikan Bus Listrik

Kompas.com - 23/08/2019, 18:39 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi di Terminal Bus Giwangan, Yogyakarta DOKUMENTASI KEMENHUBMenhub Budi Karya Sumadi di Terminal Bus Giwangan, Yogyakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah terus mendorong penggunaan mobil listrik pada angkutan transportasi umum.

Bahkan Menhub mengatakan, operator Transjakarta sudah menyampaikan rencana untuk menggunakan bus listrik agar lebih ramah lingkungan.

"Transjakarta sudah menyampaikan kepada saya, juga akan mengoperasikan (bus listrik)," ujarnya saat bicara dalam acara FGD Kendaraan Listik Sebagai Solusi Pengurangan Polusi dan Penggunaan BBM, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Baca juga: Diberi Insentif, Mobil Listrik Bisa Lebih Murah 25 Persen

Namun Menhub tidak menjelaskan lebih lanjut kapan Transjakarta akan memulai mengoperasikan bus listrik untuk melayani masyarakat.

Selain bus kata dia, salah satu operator taksi juga sudah menyampaikan niatnya untuk mengurangi penggunaan mobil berbahan bakar minyak dan beralih ke mobil listrik.

Menhub tidak menyebut operator taksinya, namun ia menyebutkan ciri-cirinya.

"Nanti ada kendaraan warna biru taksi, saya enggak sebutkan taksi apa. Tetapi warnanya biru," kata dia.

Baca juga: Harga Mobil Listrik Harus Lebih Murah...

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) soal percepatan pengembangan kendaraan listrik. Dia pun berharap ke depan semakin banyak mobil listrik beredar di Indonesia.

Jokowi mengatakan, dengan peraturan itu akan mengatur salah satunya tentang insentif yang diberikan kepada produsen yang menjual dan memproduksi kendaraan listrik.

Melalui aturan itu, menurut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johannes Nangoi, bisa menjadikan harga mobil listrik menjadi murah.

"Karena itu tadi, ada berbagai insentif yang diberikan dan diatur melalui perpres itu," kata Nangoi pekan lalu.

Baca juga: Pengusaha Sarankan Mobil Dinas Menteri Diganti Mobil Listrik

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X