Warren Buffet Jadi Investor Sejak Usia 11 Tahun, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 24/08/2019, 18:00 WIB
Warren Buffett. Warren Buffett.

NEW YORK, KOMPAS.com - Siapa yang tidak tahu nama Warren Buffett? Salah satu orang terkaya di dunia dan dikenal sebagai investor ulung.

Pria yang lahir di Omaha, Nebraska, AS pada 30 Agustus 1930 tersebut mungkin memang terlahir dengan bisnis di dalam darahnya.

Dengan nilai kekayaan 82,5 miliar dolllar AS, Warren Buffet kini menduduki posisi ketiga daftar orang terkaya di dunia 2019 versi Forbes.

Seperti dilansir dari Investopedia, Sabtu (24/8/2019), Buffett memulai berbisnis di usia sangat muda dengan latar belakang keluarga ekonom serta ayahnya seorang pialang saham dan anggota Kongres Nebraska.

Baca juga: Kata Warren Buffett, Ini Kesalahan Orangtua saat Ajarkan Keuangan pada Anak

Di usia 11 tahun, Buffett membeli sahamnya yang pertama. Ia juga bekerja di toko kelontong keluarganya di Omaha.

Ayahnya, Howard Buffett, memiliki usaha pialang kecil. Di tempat usaha itulah Buffett menghabiskan hari-harinya dengan mengamati apa yang dilakukan investor dan mendengarkan apa yang mereka bicarakan.

Sebagai seorang remaja, ia juga mengambil pekerjaan sambilan mulai dari mencuci mobil hingga mengantarkan koran. Dari hasil kerja sambilannya, ia membeli beberapa mesin pinball yang ia gunakan untuk bisnis lokal.

Walaupun Buffett cukup sukses dalam usahanya, namun dimasa mudanya itu ia tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan.

Ayahnya mendesak untuk melanjutkan pendidikannya di University of Pennsylvania, tapi Warren tidak setuju.

Akhirnya, ia dikirim ayahnya ke Universitas Nebraska. Di sana dia menyelesaikan kuliahnya dalam kurun waktu 3 tahun, dan lulus dengan gelar sarjana bisnis.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X