Biar Tim Kerja Kompak, Coba Lakukan ini

Kompas.com - 25/08/2019, 10:32 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

KOMPAS.com - Memiliki tim kerja terbaik merupakan salah satu kunci sukses dalam sebuah perusahaan. Hal ini mungkin terdengar simpel, namun tentu tidak selalu mudah untuk dilakukan.

Tim kerja yang sukses hanya akan didapatkan jika sebuah perusahaan punya tim yang benar-benar solid dan masing-masing bisa bertanggung jawab terhadap berbagai tugas-tugasnya, baik itu secara individu maupun secara berkelompok.

Bukan hanya untuk target jangka pendek saja, tim kerja juga akan berperan penting dalam mencapai berbagai target jangka panjang yang dimiliki perusahaan. Jika melihat betapa pentingnya tim kerja yang solid dan handal, maka sangat wajar bila setiap perusahaan akan berupaya keras untuk memiliki tim kerja yang seperti ini.

Bukan hanya perusahaan yang baru saja, perusahaan-perusahaan besar sekalipun akan melakukan berbagai cara membuat tim kerja mereka bisa selalu berada pada level terbaik. Hal ini perlu dilakukan, agar berbagai masalah dan juga kendala dalam urusan pekerjaan bisa dihindari.

Bagaimanapun juga, tujuan dan target perusahaan hanya akan tercapai jika tim kerja perusahaan bekerja dengan maksimal saja, bukan? Biar tim kerja kompak, coba lakukan cara ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bangun Komunikasi yang Sehat

Komunikasi yang lancar sangat dibutuhkan dalam sebuah tim, di mana semua orang bisa mengerti dan saling memahami antara satu dengan lainnya. Hal ini bisa dimulai dengan membangun komunikasi yang sehat sejak awal, bahkan di luar urusan pekerjaan.

Saat semua anggota tim kerja terbiasa berkomunikasi dengan nyaman dan lancar, maka berbagai konflik dan juga masalah yang mungkin muncul di dalam pekerjaan tentu bisa diatasi dengan baik.

2. Libatkan Semua Anggota Tim

Sebuah tim kerja harus bekerjasama dan memberikan semua yang terbaik untuk mencapai tujuan perusahaan. Hal ini perlu dilakukan dengan melibatkan seluruh anggota tim tanpa terkecuali, sehingga berbagai pekerjaan yang tadinya sulit bisa menjadi lebih mudah untuk diselesaikan secara bersama-sama sesuai dengan kemampuan setiap individu.

3. Membuat Komitmen yang Jelas

Tak ada pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan, terutama jika perusahaan memiliki target yang cukup tinggi untuk dicapai. Berbagai kesulitan sangat mungkin dihadapi, apalagi jika bekerja bersama dengan orang-orang lain dalam satu tim kerja.

Hal ini tentu tidak mudah, namun bukan berarti harus menjadi kendala dalam mencapai kesuksesan perusahaan. Tim kerja harus punya komitmen yang jelas sejak awal, termasuk komitmen untuk mengatasi berbagai kendala dan tantangan di dalam pekerjaan yang akan ditangani dalam perusahaan.

4. Ada Aturan yang Jelas

Tim harus punya aturan yang jelas, terutama terkait dengan berbagai tugas masing-masing orang di dalamnya. Aturan ini biasanya dibuat dengan melibatkan pihak perusahaan dan juga seluruh anggota tim kerja, sehingga semua pihak bisa mematuhi serta menerapkannya dengan baik tanpa merugikan siapapun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X