Kompas.com - 26/08/2019, 18:34 WIB
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comIlustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi belanja pemerintah daerah sudah mencapai Rp 489 triliun hingga akhir Juli 2019.

Dari total belanja itu, belanja paling besar masih didominasi belanja pegawai. Jumlahnya mencapai Rp 220,3 triliun.

"Jumlahnya kalau dibandingkan tahun lalu relatif stabil," ujar Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Pada periode yang sama tahun lalu kata dia, realisasi belanja pegawai pemerintah daerah sebesar Rp 221,7 triliun. Jadi terdapat penurunan Rp 1,4 triliun.

Realisasi belanja pegawai pemda ini jauh lebih tinggi dari belanja modal yang baru Rp 83,7 triliun bahkan belanja barang dan jasa Rp 90,2 triliun.

Belanja modal dan barang atau jasa ini bisa mendorong perkembangan daerah melalu pembangunan.

Baca juga : Perangkat Desa Dapat Gaji Tetap Setara PNS, Pengamat Sarankan Hal Ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu Astera masih yakin realisasi belanja modal pemda akan membaik.

"Dari sisi belanja ini, belanja modal ini kalau dibandingkan bulan lalu meningkat cukup pesat yaitu dari sekitar Rp 46,7 triliun jadi Rp 83,7 triliun," kata dia.

Sementara itu dari sisi pendapatan pemda, angkanya sudah mencapai Rp 661,4 triliun hingga akhir Juli 2019. Realisasi ini naik 7,62 persen dari periode yang sama 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.