Pentingnya Memiliki Strategi Keuangan Saat Pensiun

Kompas.com - 28/08/2019, 08:19 WIB
Ilustrasi pensiun. SHUTTERSTOCK/KhongthamIlustrasi pensiun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menimbun uang sebanyak-banyaknya sebelum melakukan pensiun merupakan hal yang wajar, namun Anda juga harus memiliki strategi dan perencanaan yang matang untuk mendistribusikan uang-uang tersebut. 

Dikutip dari Forbes Rabu(28/08/2019) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengelola uang pensiun Anda.

Seberapa baik strategi distribusi dana pensiun yang anda miliki? Strategi yang baik adalah yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

Bagaimana seharusnya uang investasi saya dialokasikan pada masa pensiun?

Berapa jumlah uang yang harus saya gunakan untuk bisa hidup nyaman dan risiko investasi apa yang bisa saya ambil?

Batasan seperti apa yang harus saya atur agar saya tidak menarik uang terlalu banyak?

Sumber penghasilan lain apa selain dari investasi dan Jaminan Sosial yang aksesnya bisa saya jangkau?

Pemanfaatan aset terbaik seperti apa yang bisa dilakukan di masa pensiun?

Baca juga : Ingin Pensiun Dini? Apa Saja yang Harus Diperhatikan

Tentu saja, kita harus menyisihkan waktu dan energi dalam fase akumulasi keuangan. Ini adalah bagian yang diperhatikan untuk menggapai pensiun yang sukses.

Jadi ya, kita memerlukan strategi akumulasi pensiun, namun ada hal lain yang sama pentingnya (dan sering diabaikan), yaitu kita perlu strategi mendistribusikan dana pensiun.

Wade Pfau dalam bukunya, How Much Can I Spend in Retirement (Berapa Banyak Uang yang Dapat Saya Habiskan di Masa Pensiun), menyatakan ada dua aliran pemikiran mengenai perencanaan pendapatan pensiun. Pertama adalah pendekatan berbasis probabilitas dan yang kedua "safety first".

Solusi untuk pengelolaan uang pensiun yaitu dengan mencocokkan pengeluaran tetap dan penting dengan pendapatan yang didapat dari Pesangon.

"Langkah pertama adalah menentukan strategi mana yang tepat untuk Anda. Ini memungkinkan Anda mengetahui apa peran penting  investasi dalam keseluruhan rencana pensiun kemudian, bagaimana membuat keputusan pengeluaran dan alokasi uang Anda," ucap Pfau kepada Forbes

Jika Anda merencanakan dengan baik, Anda akan memiliki kepercayaan finansial untuk menikmati masa pensiun dan ketenangan pikiran, bahwa Anda berada di jalur yang benar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X