KILAS

Siapkan SDM Maritim Unggul, KCN Kucurkan Beasiswa bagi Mahasiswa STIP

Kompas.com - 28/08/2019, 19:30 WIB
Proses pembangunan di Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara Dok. PT KCNProses pembangunan di Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara

KOMPAS.com - PT Karya Citra Nusantara ( KCN), operator Pelabuhan Marunda berencana menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang kemaritiman.

Direktur Utama KCN, Widodo Setiadi, mengatakan, KCN segera menjalin kesepakatan (Memorandum of Understanding) dengan STIP.

Salah satu bentuk kerja sama yang akan dijalin yakni memberikan beasiswa kepada mahasiswa STIP dan membuka peluang kerja bagi alumninya untuk bekerja di Pelabuhan Marunda.

"Kami sudah berbicara dengan mereka (STIP). MoU antara KCN dan STIP sedang disiapkan. Harapan kami, mahasiswa STIP menjadi SDM yang unggul di bidang maritim," kata Widodo dalam pernyataan tertulis, Rabu (28/8/2019).

Baca juga: Jadi Poros Maritim Dunia, Ini Tantangan Indonesia dari Luar Negeri

Pemberian beasiswa, ia melanjutkan, merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) KCN.

Apalagi, KCN berkomitmen menyisihkan dana sebesar 5 persen dari total pendapatannya untuk kepentingan tersebut.

Sebagai informasi, pendapatan KCN kini mencapai Rp 200 miliar per tahun. Widodo berharap pendapatan terus meningkat sejalan dengan pembangunan dermaga 2 Pelabuhan Marunda.

"Ini telah menjadi komitmen kami untuk peduli terhadap pembangunan SDM yang unggul di bidang maritim. Dana itu juga kami dedikasikan bagi masyarakat sekitar Pelabuhan Marunda, terutama untuk kepentingan sosial," ujarnya.

Dermaga 1 Pelabuhan Marunda, Jakarta UtaraDok. PT KCN Dermaga 1 Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara
Saat ini, kepemilikan saham KCN saat ini dipegang PT Karya Teknik Utama (KTU) 85 persen dan PT Kawasan Berikat Nusantara sebesar 15 persen.

Adapun Pelabuhan Marunda telah mengoperasikan dermaga 1 dan tengah merampungkan pembangunan dermaga 2. Dana investasi yang telah dikucurkan untuk membangun dermaga itu mencapai Rp 3,5 triliun.

Rencananya, KCN membangun 3 dermaga yang total panjangnya mencapai 5.350 meter, dengan areal pendukung seluas 100 hektar (ha).

Ketiga dermaga itu nantinya memiliki fungsi yang berbeda. Dermaga 1 dan 2 berfungsi sebagai dermaga curah kering dan cair, sedangkan dermaga 3 untuk general cargo.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X