Rudiantara soal Ekonomi Digital: Kalau Diatur Terlalu Ketat, Anak muda Bilang Jadul!

Kompas.com - 28/08/2019, 20:02 WIB
Menkominfo Rudiantara KOMPAS.COM/A. FAIZALMenkominfo Rudiantara

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak beberapa tahun terakhir ini ekonomi digital terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Bisnis yang berbasis paduan antara teknologi-internet ini terus menggeliat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan bisnis ekonomi digital di Tanah Air. Guna menghadapi tantangan ke depan, aturan yang dikeluarkan tidak boleh terlalu kaku.

"Dalam pengembangan ekonomi digital harus ada light touch regulation. Tidak boleh diatur terlalu ketat," kata Rudiantara ditemui di Pasific Place, Jakarta, Rabu (27/8/2019).

Baca juga: Indonesia Jadi Pasar Menjanjikan untuk Ekonomi Digital

Menurut Rudiantara, jika aturan yang diterbitkan terlalu ketat maka sangat berdampak pada kehadiran dan kemajuan bisnis dalam ekonomi digital, termasuk bisnis rintisan atau startup.

Karena itu, diperlukan prinsip kehati-hatian dalam merumuskan hingga menerapkan sebuah aturan yang bersinggungan langsung dengan ekonomi.

"Kalau diatur terlalu ketat, anak muda bilang 'jadul'. Jadi biarkan mereka berkembang," ujarnya.

Dia menambahkan, pemerintah saat ini tidak hanya bertugas mengatur ekosistem berbisnis di Indonesia lewat aturan saja. Akan tetapi juga melihat sejauh mana perkembangan bisnis-bisnis yang ada setelah adanya sebuah aturan dikeluarkan/diterapkan.

Artinya, pemerintah harus mencermati secara seksama dan bijak mengenai perkembangan ekonomi digital.

"Pemerintah tidak hanya urus regulasi, success rate hanya 5 persen. Kalau (aturan) ketat bisa turun. Pemerintah pindah dari regulasi jadi fasilitasi," katanya.

Baca juga: Dua Tantangan untuk Pajak di Era Ekonomi Digital, Apa Saja?

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X