Bank Indonesia Yakin Kenaikan Iuran BPJS Tak Terlalu Pengaruhi Inflasi

Kompas.com - 30/08/2019, 17:12 WIB
Perry Warjiyo. MUTIA FAUZIAPerry Warjiyo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menyatakan bahwa kenaikan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan yang mencapai 100 persen tidak akan mempengaruhi inflasi terlalu besar.

"inflasi insya Allah tidak terlalu besar, jika ini terkait dengan administer price itu dampaknya kan, sesaat satu kali. Insya Allah tidak akan berdampak inflasi yang fundamental atau inti," ucap Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat ditemui di Masid Bank Indonesia Jumat (30/08/2019)

Perry kemudian menyebutkan empat alasan mengapa Bank Indonesia yakin kalau tingkat inflasi akan rendah dan akan stabil.

Baca juga: Iuran BPJS Naik Dua Kali Lipat Bikin Asuransi Swasta Lebih Menarik?

Pertama, tingkat permintaan yang sekarang ada dengan pertumbuhan  kemarin di kuartal dua sebesar 5,05 persen dan kuartal satu sebesar 5,07 persen itu di bawah kapasitas produksi yang potensial sehingga kenaikan permintaan masih dapat dipenuhi dari kapasitas produksi.

Sehingga lanjut Perry, tekanan harga fundamentalnya akan tetap terjaga.

Kedua, ekspektasi inflasi terjaga dan rendah, baik ekspektasi di pasar keuangan, para ekonom, konsumen maupun di produsen. Hal ini sebut dia, merupakan bagian kepercayaan atau kredibilitas kebijakan ditempuh Bank Indonesia dan pemerintah

Ketiga, dampak dari harga-harga internasional atau imported inflation itu rendah dan memiliki nilai tukar stabil, harga internasional turun, itu juga mendukung terkendalinya inflasi.

Keempat, karena sangat eratnya koordinasi antara BI dan pemerintah baik pusat ataupun daerah melalui Tim Pengendali Inflasi dan Tim Pengendali Inflasi Daerah. 

Sehingga BI meyakini inflasi akan berada dibawah 3,5 persen pada akhir tahun ini. Ini menunjukan inflasi rendah dan stabil.

Baca juga: Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Tinggal Tunggu Perpres

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X